Wow, Kota di China Ini Berencana Luncurkan Bulan Tiruan

Wow, Kota di China Ini Berencana Luncurkan Bulan Tiruan

19 Oktober 2018
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Pernah dengar kota bernama Chengdu? Kawasan tersebut merupakan ibukota dari Provinsi Sichuan, China, dan berbatasan Iangsung dengan Tibet. 

Entah penerangan di kota tersebut buruk atau boros energi, tapi mereka dilaporkan memiliki rencana ambisius untuk mengganti lampulampu jalan dengan Bulan tiruan. Lantas, bagaimana nasib satelit alami Bumi yang asli di atas sana? 

Tidak, mereka tidak berniat menghancurkan yang asli dan menggantinya dengan tiruan buatannya. Tapi mungkin mereka akan memberi label "Made In China" di bulan buatannya agar tidak tertukar dengan yang asli, siapa tahu? 

Rencananya, bulan tiruan tersebut akan diluncurkan pada 2020 mendatang. Walau begitu, bentuknya tidak benar-benar menyerupai satelit alami Bumi yang asli. 

Sejatinya, itu adalah satelit yang mampu memancarkan cahaya. Menariknya, bulan tiruan tersebut diklaim Iebih kuat cahayanya dibanding yang asli, sampai delapan kali lipat, sebagaimana detiklNET kutip dari The Guardian, Kamis, 18 Oktober 2018.

Dengan kemampuannya tersebut, satelit itu mampu memancarkan cahayanya hingga radius 80 kilometer. Untuk jangkauan penerangannya, bisa dikontrol sehingga memiliki jarak beberapa meter, memungkinkannya agar dapat mengganti peran lampu jalan. 

Gemerlap lampu jalan di Chengdu, China, nantinya akan tergantikan oleh satelit yang berperan sebagai Bulan tiruan.GemerIap lampu jalan di Chengdu, China, nantinya akan tergantikan oleh satelit yang berperan sebagai bulan tiruan. 

Wu Chenfeng, Chairman Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute, jadi sosok di balik ide proyek ambisius ini. Ia mengaku uji coba terhadap satelitnya sudah dilakukan beberapa tahun Ialu. 

Kini, ia menganggap teknologi sekarang sudah cukup memungkinkan untuk mewujudkan rencana ini pada 2020. Menarik untuk ditunggu bagaimana pihaknya akan menjalankan proyek ambisius ini.