Sejarah Kemajuan Mobil Listrik Dari Masa ke Masa

Sejarah Kemajuan Mobil Listrik Dari Masa ke Masa

1 Januari 2021
Mobil listrik (Foto: Istimewa/Kompas Otomotif)

Mobil listrik (Foto: Istimewa/Kompas Otomotif)

RIAU1.COM - Meskipun kendaraan roda empat konvensional pertama kali dikenal, ternyata untuk urusan sejarah masih tertinggal jika dibandingkan dengan mobil listrik.

Tahukah jika embrio mobil listrik muncul pertamakali pada 1828 lewat mesin elektrik ciptaan Ányos Jedlik, ilmuwan Hungaria sekaligus pendeta Ordo Santo Benediktus dikutip dari historia.id, Jumat, 1 Januari 2021.

Dia diketahui bereksperimen dengan hanya bermodalkan imajinasi dengan menciptakan alat penggerak elektromagnetis yang dinamakannya lightning-magnetic self-rotor.

Dia lalu mencoba alat buatannya itu dengan menempatkan di sebuah kendaraan kecil seukuran mainan. Percobaannya berhasil, namun karya buatannya itu dianggap tak memiliki prospek apapun. Alasannya karena mesinnya itu tak punya tujuan pengaplikasian yang praktis dan komersial. Membuat ciptaannya itu dikesampingkan.

Seiring perjalanan waktu, ilmuwan asal Skotlandia Robert Anderson menciptakan hal serupa. Dia membuat purwarupa kereta yang digerakkan menggunakan baterai pada 1832. Ide nya itu kemudian membuatnya dianggap sebagai pionir mobil listrik.

Jejaknya kemudian diikuti oleh ilmuwan Belanda Sibrandus Stratingh. Bila penemuan Anderson minim apresiasi, kereta tiga roda berpenggerak baterai karya Stratingh pada 1834 diapresiasi secara luas.

Sepeninggal Stratingh yang tutup usia pada 15 Februari 1841, pengembangan mobil listrik dilanjutkan insinyur Prancis Gustave Trouve dengan menciptakan mobil beroda tiga yang bisa mengangkut manusia. Dilanjutkan dengan Thomas Parker, insinyur Inggris yang menciptakan mobil bertenaga listrik pada 1884.

Empat tahun berselang, giliran ilmuwan Jerman Andreas Flocken melaju dengan mobil ciptaannya, Flocken Elektrowagen dilengkapi dengan penerang listrik di depannya dan diproduksi massal oleh Macinenfabrik A. Flocken di Coburg.

Lalu diikuti oleh Amerika Serikat pada 1890 lewat kereta bermesin listrik pertama yang bisa mengangkut penumpang hingga 12 orang ciptaan William Morrison. Mobil Morrison ini lalu jadi pijakan awal kepopuleran mobil listrik hingga akhir abad ke-19.