Alexei Arkhiovich Leonov, Manusia Pertama yang Berjalan-jalan di Ruang Angkasa

Alexei Arkhiovich Leonov, Manusia Pertama yang Berjalan-jalan di Ruang Angkasa

27 Desember 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/Twitter)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/Twitter)

RIAU1.COM - Alexei Arkhiovich Leonov dinobatkan sebagai manusia pertama yang melakukan aktifitas Extravehicular Activity (EVA) atau berjalan-jalan di ruang angkasa.

Pionir spacewalking asal Rusia itu melakukannya pada 1965 dikutip dari kompas.com, Minggu, 27 Desember 2020.

Namun tahukah sebelum menyandang gelar sebagai orang pertama, dia nyaris hampir saja tidak terselamatkan. Kejadian itu ketika dia kembali ke pesawat luar angkasa untuk menuju ke bumi.

Para ahli yang tidak memperkirakan efek kekosongan ruang pada jas kosmonot yang dikenakannya membuat pakaiannya menggelembung.

Alhasil, dia tak bisa kembali masuk pesawat lewat lubang udara. Tangan dia terdorong keluar dari sarung tangan dan kakinya keluar dari sepatu botnya.

Sisa waktunya hanya tersisa lima menit lagi. Dengan cepat dia mengembuskan udara keluar dari jas dengan membuka katup membuat baju perlahan mengempis sehingga dia dapat masuk kembali ke pesawat melalui airlock headfirst.

Masalah ternyata belum selesai, Pesawatnya masih harus berusaha kembali ke bumi dengan pendaratan darurat.

Leonov dan krunya berhasil mendarat di bumi meski mereka mendarat ratusan mil di jalur terpencil di daerah pegunungan Ural.

Selama 2 malam mereka membeku dalam suhu di bawah nol sebelum mereka akhirnya berhasil diselamatkan. Dia kemudian dielu-elukan sebagai pahlawan Uni Soviet.