Sampaikan Khutbah Setelah Libur Panjang, Ini Pesan Ustaz Abdul Somad Di Brunai Darussalam

Sampaikan Khutbah Setelah Libur Panjang, Ini Pesan Ustaz Abdul Somad Di Brunai Darussalam

11 Agustus 2019
Ustaz Abdul Somad (Foto: Istimewa/Internet)

Ustaz Abdul Somad (Foto: Istimewa/Internet)

RIAU1.COM - Ustaz Abdul Somad (UAS) menyampaikan khutbah Idul Adha di halaman KBRI Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam, Minggu, 11 Agustus 2019. Dakwah ini menjadi yang pertama setelah empat bulan lebih absen fokus menulis disertasinya di Oumdurman International University Sudan.  


Dikutip dari republika.co.id, UAS menjadi khutbah Idul Adha selama lebih satu jam. Ada tiga nasihat penting yang disampaikan UAS sepanjang khutbahnya. UAS mengingatkan jamaah agar selalu ingat jasa orangtua. Bagi mereka yang masih hidup orangtuanya, manfaatkanlah waktu untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua.

Namun bagi mereka yang sudah wafat orang tuanya, kirimkanlah amal yang bermanfaat pahalanya bagi orang tua di alam baka," meski seorang anak menggendong ibunya pulang pergi dari Brunei untuk menunaikan haji, tidak akan terbalas jasa ibu," kata dia.  

Kedua, UAS mengingatkan jamaah memperhatikan pendidikan anak dengan bekal ilmu agama. Agar terbentuk anak-anak shalih yang akan berbakti dan akan mendoakan orangtuanya. UAS memberikan permisalan pendidikan anak dengan seorang yang menanam padi, rumput pun akan tumbuh.

Ketiga, di antara pelajaran penting daging kurban dibagi kepada keluarga dan sahabat selain dibagikan untuk pekurban dan kaum faqir miskin turut serta memperhatikan silaturahim dan menjaga ukhuwah. Allah sangat murka kepada mereka yang memutuskan silaturahim dan mengancam memasukkan mereka ke neraka.