Mbah Moen Sempat Selesaikan Rukun Umrah Sebelum Meninggal Dunia

Mbah Moen Sempat Selesaikan Rukun Umrah Sebelum Meninggal Dunia

6 Agustus 2019
Umat muslim mengangkat jenazah KH Maimun Zubair (Mbah Moen) seusai dimandikan di Masjid Muhajirin Khalidiyah, Mekkah, Selasa (6/8/2019). Foto:  Antara.

Umat muslim mengangkat jenazah KH Maimun Zubair (Mbah Moen) seusai dimandikan di Masjid Muhajirin Khalidiyah, Mekkah, Selasa (6/8/2019). Foto: Antara.

RIAU1.COM -Kiai Haji Maimoen Zubair (Mbah Moen) telah berpulang saat menjalani ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/8/2019), waktu Makkah. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, itu sudah selesai menjalani rukun umrah sebagai rangkaian Haji sebelum meninggal dunia.

"Seluruh rukun umrah telah dilalui dan sempurna. Sehat ketika umrah sampai semalam. Saya yang menyetir skuternya," ujar pendamping Mbah Moen saat Haji, Hayatul Makki alias Gus Hayat, dikutip dari Kumparan.com.

Gus Hayat juga membagikan video yang ia abadikan bersama Mbah Moen dan istri. Dalam video tersebut, tampak Gus Hayat, Mbah Moen, dan sang istri sedang berada di dalam mobil untuk menuju Makkah.

Mbah Moen duduk di tengah dan sudah mengenakan ihram. Sementara Gus Hayat, selalu berada di sampingnya dan beberapa kali memeluk Mbah Moen.

"Assalamualaikum, alhamdulillah, kami sudah tiba di Jeddah, kami akan menuju ke kota Makkah, dan kami akan niat ihram, insyaallah kami akan berangkat dengan Mbah Maimoen ke Makkah untuk haji dan umrah," tutur Gus Hayat dalam video.

Sebelum meninggal dunia, kondisi Mbah Moen memang sempat menurun saat akan menjalani salat Tahajud. Pihak keluarga dan para santri langsung melarikannya ke RS Al-Noor, Makkah.

Loading...

"Cepat banget, enggak jatuh sih, orang [minta] wudu, kok, minta wudu pukul 03.10 kurang lebih. Habis wudu akhirnya (drop). Iya mau (salat) Tahajud, beliau mau Tahajud," jelas Gus Hayat di RS Al Noor, Makkah.

Selama menunaikan ibadah haji, Mbah Moen dalam keadaan sehat dan tak mengeluh sakit.

"Terus kemudian lemas gitu, lemas akhirnya dibawa ke rumah sakit sekitar 03.30 kayaknya, pukul 04.17 beliau wafat," terang Gus Hayat.

Mbah Moen kini telah disalatkan di Masjidil Haram dan dimakamkan di pemakaman Al-Ma'la, Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/8/2019), ba'da Zuhur waktu setempat. Jenazah dimakamkan di dekat kuburan istri Rasulullah SAW, Siti Khadijah.