//riau1.com/

#internasional

Patung Firaun Tutankhamun Berusia 3.300 tahun Terjual Rp83,1 miliar di London

R1/bar


Patung kepala Firaun Tutankhamun yang terjual Rp83,1 miliar dalam sebuah lelang di London Patung kepala Firaun Tutankhamun yang terjual Rp83,1 miliar dalam sebuah lelang di London

RIAU1.COM - Sebuah Patung Firaun Tutankhamun laku terjual dalam sebuah pelelangan di London, dengan harga mencapai 4,7 juta pound sterling atau setara Rp83,1 miliar.

Dilansir Liputan6.com, patung Firaun yang dimaksud adalah Tutankhamun yang berkuasa sekitar 1.300 SM. Usianya yang belia membuatnya dikenal sebagai raja muda.



BACA JUGA : Steven Seagal Aktor Gaek Yang Dibenci Banyak Wanita

Pelelangan dilakukan oleh Christie's dan identitas pembelinya juga tak diungkap ke publik. Patung yang dijual adalah bagian kepala sang firaun setinggi 28,5 sentimeter. Meski sudah berusia ribuan tahun, kondisi patung ini hanya rusak di bagian hidung dan telinga.

Sementara itu, The Guardian menyorot pelelangan ini menjual bermacam barang Mesir Kuno dan memicu kontroversi. 20 orang berdemo di luar lokasi lelang, mereka menyebut artefak itu adalah barang curian dan peninggalan sejarah Mesir yang seharusnya tidak dijual.



BACA JUGA : Di Amerika, Vaping Jadi Penyebab 150 Kasus Penyakit Paru-Paru Parah

Pejabat pemerintah dan kedutaan besar Mesir juga berharap agar penjualan ini tidak terjadi. Pihak pemerintah Mesir pun akan terus menekan agar pembeli mau mengembalikan barang-barang lelang asal Mesir Kuno itu.

Firaun Tutankhamun terkenal karena menjadi firaun waktu usianya masih sembilan tahun. Tutankhamun berarti Jelmaan Hidup dari Amun, yakni dewa matahari Mesir Kuno.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)