Hebat! Siapa Sangka, Mantan Pemulung Jadi Lulusan Terbaik Melbourne

Hebat! Siapa Sangka, Mantan Pemulung Jadi Lulusan Terbaik Melbourne

26 Juni 2019
Foto Shopy Ron Dulu dan Sekarang

Foto Shopy Ron Dulu dan Sekarang

RIAU1.COM - Keterbatasan tidak menjadi halangan untuk menggapai keberhasilan. Hal ini dibuktikan seorang gadis asal Kamboja bernama Sophy Ron. Kisahnya bisa menjadi inspirasi untuk terus bekerja keras meraih impian.

Mengutip dari akun instagram @semangatsubuh Sophy Ron baru saja lulus dari Trinity College di Universitas Melbourne, Australia, pada bulan Mei lalu. Sebelumnya, Sophy Ron diketahui merupakan seorang pemulung di tempat pembuangan sampah di Kota Pnom Penh, Kamboja.

Bahkan Sophy tidak pernah bersekolah hingga usianya menginjak 11 tahun. Sejak kecil Sophy harus bekerja memilah-milah sampah sambil terpaksa menghirup gas beracun demi membantu kedua orang tuanya mengumpulkan uang untuk bertahan hidup.



Tidak jarang Sophy dan keluarga memakan makanan yang didapat dari tempat pembuangan sampah tersebut. Namun semua itu telah berlalu, dan kini Sophy menjadi salah satu lulusan terbaik di Trinity College.

Sophy pun mendapat beasiswa penuh untuk melanjutkan studinya di Universitas Melbourne. Kisah Sophy Ron diunggah oleh situs Cambodian Children's Fund (CCF), lembaga non-profit yang membantu anak-anak kurang mampu agar bisa mendapat pendidikan.



Di upacara kelulusannya, Sophie bahkan mendapat kehormatan untuk menyampaikan pidato perpisahan dan menyampaikan kata penutup dalam bahasa Inggris. Sophy kini telah menjadi wanita dewasa yang cerdas dan mandiri.

Meski begitu, Sophy tidak melupakan asal usulnya. Sophy telah kembali ke Kamboja untuk merayakan pencapaiannya yang luar biasa bersama teman dan keluarga, sebelum kembali melanjutkan pendidikannya.