Yuk Siap-siap, NASA Izinkan Warga Sipil Jadi Pilot Jelajahi Antariksa

Yuk Siap-siap, NASA Izinkan Warga Sipil Jadi Pilot Jelajahi Antariksa

9 Juni 2019
Salah satu pesawat milik NASA (Foto: Istimewa/Instagram @nasa)

Salah satu pesawat milik NASA (Foto: Istimewa/Instagram @nasa)

RIAU1.COM -Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) milik Amerika Serikat membuka peluang kepada masyarakat sipil untuk mengeksplor antariksa.

Dikutip dari voaindonesia.com, Minggu, 9 Juni 2019 NASA juga mengizinkan sektor swasta untuk memanfaatkan fasilitas-fasilitas stasiun antariksa milik mereka termasuk misi astronot swasta.

"Kita memberikan izin pihak lain mengajukan model bisnis. Sementara kami menyediakan infrastrukturnya yaitu stasiun antariksa," sebut manager Commercial Space Utilization di Johnson Space Center NASA, Mike Read.

Aksi ini lantaran besarnya pengeluaran yang mereka keluarkan antara $3 hingga $4 miliar per tahun atau lebih dari $8 juta per hari.

"Dengan cara ini NASA dapat memperoleh lebih banyak dana untuk mengejar misi-misi kami yang lebih ambisius. Seperti membangun stasiun antariksa yang baru di sekitar bulan dan mengirimkan manusia kembali ke permukaan bulan," jelasnya.

Untuk harganya tak main-main, NASA mematok biaya sekitar $80 juta per kursi, biaya menginap per malam $35.000 per orang dibatasi hanya dua perjalanan per tahunnya atau sekitar 12 astronot per tahun yang boleh mengunjungi antariksa.

Loading...