Videonya Dimuat Pelaku ke Facebook, Pria Australia Menembak Mati 27 Jamaah Masjid Al Noor Hendak Sholat Jumat

Videonya Dimuat Pelaku ke Facebook, Pria Australia Menembak Mati 27 Jamaah Masjid Al Noor Hendak Sholat Jumat

15 Maret 2019
Brenton Tarrant, Pelaku penembakan jamaah di Masjid Al Noor yang hendak sholat Jumat.

Brenton Tarrant, Pelaku penembakan jamaah di Masjid Al Noor yang hendak sholat Jumat.

RIAU1.COM - Pria asal Australia ini sangat keji. Pria bernama Brenton Tarrant secara membabi buta menembak mati 27 orang jamaah Masjid Al Noor yang hendak menjalankan ibadah sholat Jumat, 15 Maret 2019. 

Kepolisian Selandia baru telah menahan tiga lelaki dan seorang perempuan yang didua terlibat dalam aksi penembakan di dua masjid di kota Christchurch.

Seperti dikutip Riau1.com dari bisnis.com, Jumat, 15 Maret 2019, Aparat keamanan belum merilis nama-nama orang tersebut, namun media lokal Selandia Baru dan Australia menyebutkan seorang pelaku penembakan telah menyiarkan aksi penembakan di masjid Al Noor secara langsung di media sosial.

 

Pria yang mengidentifikasi diri bernama Brenton Tarrant dari Australia itu juga mengunggah sebuah manifesto setebal 74 halaman yang berisi penjelasan mengenai aksi serangan yang ia lakukan. Ia menjelaskan bahwa dirinya hanyalah "seorang pria kulit putih biasa".

Di Facebook video aksi Brenton Tarrant tanpa suara audio beredar dan banyak dikecam orang. 

Ia menulis aksi serangan tersebut telah ia rencanakan dan bertujuan untuk "mengurangi jumlah imigran yang masuk ke tanah Eropa".

Tarrant yang diketahui berusia 28 tahun itu mendeskripsikan aksi penembakan yang ia lakukan dilatarbelakangi keinginan untuk "menunjukkan pada para penjajah bahwa tanah kami tak akan pernah jadi milik mereka, tanah air kami adalah milik kami, selama orang kulit putih hidup, mereka [para penjajah] tak akan pernah menaklukkan tanah kita."

Tarrant menjelaskan bahwa ia telah menyiapkan aksi serangan ini selama dua tahun.

Loading...

Adapun aksi teror kelompok ekstremis di Stockholm dan Paris pada 2017 merupakan momen yang ia sebut menginspirasi tindakannya. Ia mengaku ingin membalas kematian Ebba Akerlund, anak perempuan berusia 11 tahun yang tewas pada aksi teror Stockholm.

 

Dalam siaran langsung yang diunggah di Facebook, Tarrant mengabadikan aksi membabi butanya saat menembak warga yang berkumpul di masjid Al Noor untuk ibadah shalat Jumat.

Video yang ditayangkan oleh news.com.au itu memperlihatkan Tarrat yang berjalan ke arah masjid dan mulai menembaki setiap sudut ruangan. Para jamaah tampak tergeletak tak bergerak dan berlari untuk menyelamatkan diri.

Sejauh ini media melaporkan 27 orang jamaah masjid tewas dalam aksi keji tersebut.

R1/Hee