Tercepat di Dunia, Hewan Ini Bergerak 5 Ribu Kali Lebih Cepat Daripada Kedipan Mata

Tercepat di Dunia, Hewan Ini Bergerak 5 Ribu Kali Lebih Cepat Daripada Kedipan Mata

14 Januari 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Siapa yang sangka gelar hewan dengan gerakan tercepat di dunia ternyata dinobatkan pada seekor semut bernama Iatin Mystrium Camillae yang kecepatannya 5.000 kali Iebih cepat daripada kedipan mata. 

Rekor itu diberikan pada semut drakula (Mystrium camillae). Spesies sangat kecil yang memiliki sifat pemalu dan sukar dipahami ini merupakan predator bawah tanah yang mengisap darah dari larva yang dikenal sebagai kanibalisme nondestruktif. 

Sebuah penelitian baru yang dipublikasi Royal Society Publishing ini menemukan rahang pada spesies langka dan misterius ini dapat menutup 5.000 kali Iebih cepat daripada kedipan mata. Dengan menggunakan kamera berkecepatan tinggi, para ilmuwan di Smithsonian telah menangkap gerakan Iuar biasa ini untuk pertama kalinya. 

Mekanisme tersebut bekerja seperti jepretan jari, kecuali pada kecepatan yang cepat, seribu kali Iebih cepat dari apa yang bisa dilakukan oleh tangan manusia. Tekanan ujung rahang bersama-sama, tekanan antara rahang, sampai akhirnya mencapai titik putus, melepaskan salah satu dari tiga mandibula. Dari awal hingga selesai, aksi ini membutuhkan 0,000015 detik, dari nol hingga sekitar 320 Km /jam (198 mph) dalam pecahan instan. 

Spesies semut drakula kini menduduki urutan pertama untuk hewan yang paling cepat yang pernah ada. Genus Mystrium telah disebut kelompok paling misterius dalam semut Drakula yang aneh. Para ilmuwan masih belum yakin mengapa semut samar ini telah berevolusi seperti mandibula khusus. 

Bahkan, seperti dilansir laman republika.co.id, 12 Januari 2019, dibandingkan dengan semut perangkap rahang Iainnya, bagaimana pun, semut Mystrium drakula berkuasa. Saat ini, setidaknya enam garis keturunan semut memiliki rahang dengan kekuatan serupa, tetapi Mystrium camillae memiliki morfologi unik yang membuatnya sangat cepat.