Sungai Perigi Kuala Enok 'Benamkan' Pos Kamling dan Rusak Rumah Warga Serta Jalan Umum

Sungai Perigi Kuala Enok 'Benamkan' Pos Kamling dan Rusak Rumah Warga Serta Jalan Umum

13 November 2018
Abrasi yang merusak pos kamling dan rumah warga di Inhil

Abrasi yang merusak pos kamling dan rumah warga di Inhil

RIAU1.COM -Abrasi yang terjadi disepanjang Sungai Perigi Kuala Enok Kabupaten Inhil, Provinsi Riau kembali merusak rumah warga yang berdiri di pinggiran sungai. Kali ini Abrasi 'membenamkan' sebuah pos kamling dan merusak satu unit rumah penduduk.

Data dari kepolisian menyebutkan, peristiwa ini terjadi Selasa (13/11/2018) dini hari. Ketika itu pemilik rumah bernama Abdul Azis yang sedang tertidur pulas tiba-tiba terbangun, setelah mendengar suara papan yang retak.

Merasa ada yang tidak beres, Abdul pun membangunkan seisi rumah dan menyuruh mereka ke luar. Penghuni juga memberanikan diri untuk mengevakuasi barang-barang. Benar saja, tak lama kemudian, peristiwa alam pun terjadi.

"Tidak lama kemudian terjadi longsor yang menghanyutkan satu unit Poskamling, dan satu unit rumah rusak ringan pada bagian pagar dan teras. Kemudian jalan umum juga rusak sepanjang 25 meter," terang Kapolres Inhil AKBP Christian Rony Putra.

Kepolisian memastikan, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Diduga, tanah longsor disebabkan oleh abrasi air sungai, hal ini dikarenakan pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada disepanjang pinggir sungai.

Loading...

Hingga saat ini, tim dari BPBD Inhil, pemerintah Kecamatan Tanah Merah dan Polsek Tanah Merah serta masyarakat setempat melakukan pendataan terhadap identitas pemilik rumah dan mengevakuasi barang-barang milik pemilik rumah yang masih bisa diselamatkan.

Sedangkan terhadap warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor, sementara ditempatkan dirumah kerabat dan dirumah masyarakat disekitar sana.