Ratusan Siswa PKL SMKN 1 Tembilahan Dilindungi BP Jamsostek

Ratusan Siswa PKL SMKN 1 Tembilahan Dilindungi BP Jamsostek

2 Maret 2021
Jamsotek serahkan sertifikat jaminan siswa PKL

Jamsotek serahkan sertifikat jaminan siswa PKL

RIAU1.COM -Sebanyak 284 peserta Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun pelajaran 2020-2021 di SMKN 1 Tembilahan dilindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Kabupaten Inhil.

Hal tersebut setelah SMKN 1 Tembilahan mendaftarkan siswa PKL pada 2 Program BP Jamsostek yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).

Kepala SMKN 1 Tembilahan, Drs. Hasmar mengatakan, pihaknya memberikan jaminan sosial Ketenagakerjaan sebagai salah satu bentuk kepedulian sekolah terhadap keselamatan siswa dalam kegiatan PKL.

"Untuk jaminan keselamatan kerja. Jadi saat PKL, siswa akan lebih tenang, dapat bekerja dengan baik," ungkap Hasmar, Selasa 2 Maret 2021.

Ditambahkan Hasmar, ditempat yang baru siswa harus mampu melakukan adaptasi, karena dunia industri begitu berbeda dengan dunia sekolah.

"Kalau di sekolah, datang terlambat akan dibina oleh guru. Di dunia industri banyak ragam, ada yang disiplin tinggi, kegiatan padat dan itu harus diantisipasi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BP Jamsostek Cabang Inhil, Tengku Edy M mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada SMK Negeri 1 Tembilahan yang sangat peduli memberikan perlindungan kepada para siswa magang dalam melaksanakan magang di lapangan.

Loading...

"Dengan adanya perlindungan yang didapat oleh para siswa berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian maka akan memberikan rasa aman pada masa melakukan praktek lapangan," ucap Tengku Edy.

Menurut Tengku Edy, karena dalam melaksanakan praktek lapangan tersebut para siswa akan terjun ke dunia usaha yang tentu memiliki resiko kecelakaan kerja namun hanya dengan membayar Rp.16.800 perbulan sudah terlindungi oleh program BP Jamsostek.

"Kami dari BP Jamsostek mengucapkan terima kasih kepada para siswa yang mengikuti pembekalan dan pemahaman terkait program dan perlindungan BP Jamsostek yang dilaksanakan pada 21 sampai 24 Februari lalu," pungkasnya.

Diketahui, siswa SMKN 1 Tembilahan akan melakukan PKL di 74 lokasi atau tempat yang ada di Kabupaten Inhil, mulai dari BUMD, BUMN, Kantor dan instansi pemerintahan dalam masa 3 bulan kedepan.