Posko Kesehatan Tembilahan Hulu Mengobati 5 Korban Kabut Asap Setiap Hari

Posko Kesehatan Tembilahan Hulu Mengobati 5 Korban Kabut Asap Setiap Hari

18 September 2019
Kampus Tembilahan Hulu, dr Rosdinah

Kampus Tembilahan Hulu, dr Rosdinah

RIAU1.COM - Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Inhil ikut serta membuka posko kesehatan untuk masyarakat yang menjadi korban dari dampak kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

Setiap hari, posko kesehatan yang dipusatkan di UGD UPT Puskesmas Tembilahan Hulu tersebut rata-rata menangani 3 sampai 5 pasien yang mengalami gejala terserang Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Menurut dr Rosdinah, Kepala Puskesmas (Kapus) Tembilahan Hulu, pihaknya telah membuka posko kesehatan selama 24 jam sehari khusus untuk menangani korban dampak kabut asap.

"Rata-rata pasien yang datang mengeluhkan sesak napas, kalau untuk diare tidak banyak," ungkapnya saat melakukan pembagian masker di depan Polsek Tembilahan Hulu, Selasa 17 September 2019.

Dikatakan Kapus, pasien yang datang bervariasi, mulai dari anak-anak hingga dewasa dan sebelumnya memang memiliki riwayat penyakit asma. "Kabut asap ini pencetus kambuhnya asma, alergi jadinya. Sebelumnya pasien memang punya riwayat tersebut," katanya.

Rosdinah menambahkan, pihaknya menyiagakan 2 tenaga kesehatan setiap kali shif jaga yang dibagi dalam 3 shif selama 24 jam. "Pagi sampai jam 2 siang, lanjut sampai jam 9 malam dan ganti lagi sampai pagi," tambahnya.