Prestasi Mentereng Wakapolda Riau yang Baru, Lulusan Terbaik Akpol 91 hingga Pernah Jadi Staf Kepresidenan

Prestasi Mentereng Wakapolda Riau yang Baru, Lulusan Terbaik Akpol 91 hingga Pernah Jadi Staf Kepresidenan

31 Oktober 2018
Kiri ke kanan: Brigjen HE Permadi, Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo dan Wakapolda Riau Brigjen Wahyu Widada (Foto: Humas Polda Riau)

Kiri ke kanan: Brigjen HE Permadi, Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo dan Wakapolda Riau Brigjen Wahyu Widada (Foto: Humas Polda Riau)

RIAU1.COM -Brigjen Pol Drs Wahyu Widada M.Phil resmi menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Riau, setelah digelarnya serah terima jabatan (Sertijab) di Mako Brimobda Polda Riau, Rabu (31/10/2018) pagi tadi.

Sertijab ini dipimpin langsung oleh Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo di gedung Bhayangkara Brimob. Brigjen Wahyu dipercaya mengisi jabatan Wakapolda Riau menggantikan Brigjen HE Permadi yang dipromosikan sebagai Karo Binkar SSDM.

Brigjen Wahyu Widada ternyata seorang perwira tinggi (Pati) yang punya prestasi dan karir mentereng. Bahkan dirinya seorang lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991, atau disebut sebagai Adhimakayasa.

"Betul, Adhimakayasa leting Akpol 1991," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Sunarto berbincang dengan Riau1.com, usai Sertijab digelar pada Rabu siang.

Lalu, apa saja jabatan yang pernah diemban pria kelahiran Wonosari, Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta ini sebelum didapuk menjadi Wakapolda Riau? Berikut data yang dirangkum dari Humas Polda Riau:

Pada 2009, Brigjen Wahyu Widada dipercaya mengisi jabatan Kapolres Pekalongan. Ditahun yang sama pula, jenderal bintang satu ini ditunjuk sebagai Sekretaris Pribadi (Sespri) Kapolri saat itu.

Setahun kemudian dirinya dimutasi menjadi Kapolres Tangerang Kabupaten. Selanjutnya pada 2011 sebagai Kapolres Metro Tangerang. Ini merupakan jabatan Kasatwil (Kepala Satuan Wilayah, red) yang lumayan prestisius.

Pada 2013, Jenderal yang berpengalaman dibidang Reserse ini mendapat jabatan sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Banten. Lalu pada 2014, ia ditarik ke Bareskrim Mabes Polri sebagai analis kebijakan madya bidang Pidter.

Riwayat karirnya kian menanjak, di mana Brigjen Wahyu Widada dipercaya sebagai Staf Kepresidenan (Pamen Bareskrim). Kemudian pada 2016, ia menjadi Kabagren Rojianstra SSDM Polri, lalu dilanjutkan sebagai Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Kemahasiswaan STIK/PTIK.

Selanjutnya pada 2017, perwira tinggi kelahiran tahun 1969 tersebut dipercaya mengisi posisi Karojianstra (Kepala Biro Kajian Strategi) SSDM Polri, dan kini dirinya dipromosikan sebagai Wakapolda Riau.

Dengan 'segudang' pengalamannya ini, tentunya Brigjen Wahyu Widada bakal memberi kontribusi besar untuk kemajuan Polda Riau, apalagi sebelumnya, upaya tersebut sudah dilakukan oleh Brigjen HE Permadi selama enam bulan masa jabatannya.