Menelisik Kerusuhan Aksi 22 Mei, Komnas HAM Fokus di Tiga Lokasi ini

Menelisik Kerusuhan Aksi 22 Mei, Komnas HAM Fokus di Tiga Lokasi ini

15 Juni 2019
Kerusuhan saat Aksi 22 Mei di Jakarta

Kerusuhan saat Aksi 22 Mei di Jakarta

RIAU1.COM - Penelusuran terkait insiden dan kerusuhan yang terjadi saat aksi di Kantor Bawaslu RI, Jakarta tanggal 21-22 Mei 2019 lalu masih terus dilakukan sejumlah pihak. Termasuk Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM).

Komnas HAM sendiri fokus menyelidiki tiga titik kerusuhan Aksi 22 Mei, yakni di sekitar Gedung Badan Pengawas Pemilu, Petamburan dan Slipi. Komisi menduga tiga daerah ini menjadi titik kerusuhan jatuhnya korban baik di pihak massa maupun kepolisian.

"Informasi yang kami punya, jenazah maupun yang mengalami luka ringan atau berat ada di tiga lokasi ini, sedang kami dalami,” ujar Komisioner Komnas HAM, Amiruddin Al Rahab, dilansir Tempo.co. Sabtu 15 Juni 2019.

Menurut catatan kepolisian, titik mula terjadinya kerusuhan adalah di depan Gedung Bawaslu pada 21 Mei malam hari beberapa jam setelah massa yang berdemo menolak hasil perhitungan pilpres membubarkan diri.

Pada pukul 23.00, massa tak dikenal tiba-tiba datang ke depan Gedung Bawaslu. Mereka memprovokasi petugas dengan merusak barikade dan kawat berduri, serta melempari petugas dengan petasan dan batu.

Polisi mendorong massa ke kawasan Tanah Abang pada Rabu dini hari 22 Mei 2019. Di waktu bersamaan, kembali muncul sekitar 200 orang yang langsung menyerang asrama Brigade Mobil di Petamburan, Jakarta Barat. Kerusuhan juga terjadi di kawasan Slipi Jakarta Barat hingga Rabu siang, 22 Mei 2019.

Dalam rangkaian kerusuhan tersebut, empat orang dilaporkan tewas dengan luka tembak. Dua korban mengalami luka tembak yang menembus tubuhnya, sementara dua sisanya ditemukan dua proyektil peluru yang masih berada di tubuh korban.

Amiruddin mengungkapkan, pihaknya sudah mendapatkan data kronologi kejadian saat kunjungan tim investigasi internal Polri, pada Selasa 11 Juni 2019. Komnas HAM sedang mempelajari dan menyusun kronologi peristiwa kerusuhan 22 Mei versi Komnas HAM.

"Saat ini, tim investigasi Komnas HAM sedang mengumpulkan keterangan saksi, dokumen dan rekaman CCTV untuk menyusun kronologi tersebut. Kita berharap media massa juga mau memberikan data dan rekaman video mereka soal kerusuhan 22 Mei. Terutama rekaman di tiga lokasi yang sudah saya sebutkan," tukasnya.