Wah Ternyata Berpelukan Bisa Mencegah Stres, Berikut Penjelasannya

Wah Ternyata Berpelukan Bisa Mencegah Stres, Berikut Penjelasannya

9 Desember 2018
Ilustrasi berpelukan-internet

Ilustrasi berpelukan-internet

RIAU1.COM - Saat berpelukan, seseorang akan merasa dilindungi dan merasa mendapat dukungan untuk lebih kuat dala menjalani suatu hal.

Sebuah studi yang diterbitkan tahun lalu dalam jurnal Psychological Science mengungkapkan bahwa selain membuat kita semakin merasa dekat dengan orang lain, berpelukan juga bisa mencegah kita stress dan sakit.



Seperti dikutip dari Indozone.com, ketika berpelukan, terjadi pelepasan hormon oksitosin dalam tubuh yang membuat seseorang menjadi lebih rileks dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik.

Menurut Tiffany Field, PhD, pimpinan Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine, mengungkapkan bahwa pelukan mampu mengurangi rasa sakit, cemas, depresi, dan prilaku agresif.



Berdasarkan penelitian berhubungan dengan hormon tubuh dan jaringan saraf, sentuhan kasih sayang dapat dikaitkan dengan perubahan IQ, kemampuan membaca dan mengingat, serta mengurangi rasa takut yang pada anak-anak. Ada pendapat yang mengatakan, kurangnya pelukan dianggap salah satu pemicu munculnya kekerasan.