Ternyata Jahe Bisa Tingkatkan Daya Ingat

Ternyata Jahe Bisa Tingkatkan Daya Ingat

11 November 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Jahe adalah salah satu rempah dapur yang selama ini dikenal memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Namun tak hanya itu, ternyata jahe juga menyimpan manfaat luar biasa yaitu meningkatkan daya ingat.

Dikutip dari dream.co.id Penelitian Program Studi Neurosains di Universitas Khon Kaen Thailand pada 2010 mendapat temuan mengenai efek positif jahe bagi tubuh.




Percobaan yang dilakukan pada tikus membuktikan, ekstrak jahe dapat memperbaiki fungsi kognitif dan meningkatkan kepadatan neuron di hipokampus, serta menurunkan volume infark (kerusakan) otak. Aktivitas peningkatan fungsi kognitif dan neuroprotektif tersebut terjadi antara lain melalui aktivitas antioksidan.

Penelitian itu mengemukakan adanya aktivitas antioksidan minyak di akar jahe dapat melindungi neuron otak dari kerusakan akibat stres oksidatif, penyakit, atau kerusakan fisik.



Sementara enzim dan minyak dalam jahe dianggap berefek langsung pada fungsi sel saraf dan materi otak yang bertanggung jawab atas daya ingat.

Sumber: dream.co.id

Loading...