Sering Bau Mulut ? Ini 5 Penyebabnya

Sering Bau Mulut ? Ini 5 Penyebabnya

8 Desember 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Aroma mulut yang tidak sedap memang tidak mengganggu fungsi tubuh. Namun bau mulut yang tidak sedap jelas mengganggu aktivitas setiap hari dan membuat kurang percaya diri terhadap lawan bicara.

Dilansir dari Detikhealth.com, ada 5 penyebab bau mulut. Dengan mengetahui penyebabnya, aroma napas tidak sedap bisa diatasi secepatnya sebelum mengganggu kegiatan sehari-hari.

1. Tidak Sikat Gigi
Penyebab pertama adalah tidak rajin sikat gigi kurang dari dua kali sehari. Akibatnya sisa makanan masih tersisa dalam rongga mulut, yang menyebabkan munculnya napas bau naga di pagi hari. Sisa makanan juga memancing kerja bakteri perusak gigi, yang ikut menyebabkan munculnya napas tidak sedap. Selain sikat gigi, rajin berkumur juga bisa mencegah munculnya bau tidak sedap.



2. Mulut Kering
Mulut kering adalah penyebab lain munculnya bau mulut. Hal ini bisa disebabkan kurangnya liur dalam rongga mulut atau efek smaping pengobatan. Liur berfungsi membersihkan rongga mulut, sekaligus membuang sisa makanan yang terperangkap dalam gigi. Bila mulut terasa kering sebaiknya segera minum untuk mencegah bau napas.

3. Pola dan Bahan Pangan
Pola makan yang tidak teratur ternyata bisa menyebabkan munculnya bau mulut. Penyebab lain adalah makanan rendah karbohidrat, kopu, dan beberapa jenis bumbu misal bawang bombai dan bawang putih. Gangguan ini bisa diatasi dengan makan teratur, memilih bahan pangan bernutrisi, dan membersihkan mulut usai makan.



4. Gusi Berdarah
Gusi berdarah adalah salah satu bentuk gangguan pada rongga mulut. Gangguan ini kerap diawali munculnya aroma napas yang kurang sedap. Gusi berdarah umumnya disebabkan tidak rajin sikat gigi dan mulut kering. Hal ini bisa dicegah dengan rajin membersihkan gigi, lidah, dan melakukan perawatan ke dokter gigi.

5. Asam Lambung
Penyebab lain adalah asam lambung yang naik, akibat pengolahan makanan yang kurang sempurna. Hal ini diakibatkan adalah langsung tiduran usai makan yang menyulitkan proses pengolahan. Bila ingin tiduran, sebaiknya tunggu dua hingga tiga jam saat makanan telah selesai dicerna.

Sumber: Detikhealth.com