Olahraga Sambil Hujan-Hujanan Sebabkan Infeksi Paru. Bener Gak Sih?

Olahraga Sambil Hujan-Hujanan Sebabkan Infeksi Paru. Bener Gak Sih?

11 November 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Meskipun mulai memasuki musim hujan, para pecinta olahraga tidak menjadikan hujan sebagai halangan untuk tidak berolahragan. Bahkan, berolahraga sambil hujan-hujanan pun tetap dilakukan. Semangatnya, sih, luar biasa. Namun, apakah olahraga sambil hujan-hujanan bisa timbulkan gangguan pada paru-paru?

"Tidak, olahraga saat hujan-hujanan tidak bikin infeksi atau gangguan di paru. Harus ada penyebab seperti bakteri atau virus untuk dapat memicu penyakit tersebut. Hujan sendiri tidak menyebabkan penyakit. Namun, saya menyarankan lebih baik untuk tidak berolahraga sambil hujan-hujanan,” kata dr. Sara Elise Wijono, MRes, dilansir Riau1 dari KlikDokter.

Meski kata dr. Sara berolahraga sambil hujan-hujanan tidak akan menimbulkan infeksi atau gangguan pada paru-paru, tapi harus tetap berhati-hati saat beraktivitas kala hujan. Ini karena membuat tubuh jadi rentan terkena flu.

“Ya, hujan-hujanan bikin seseorang rentan terkena flu. Namun, ini bukan karena kehujanan, ya! Ini lebih karena saat hujan, suhu tubuh menjadi lebih dingin dan tubuh pun jadi rentan sakit,” kata dr. Sara lagi.

Meski demikian, olahraga saat hujan ternyata juga ada manfaatnya, diantaranya membuat hati menjadi lebih kuat. Karena cuaca yang dingin dapat membuat arteri menyempit, sehingga jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah yang dibutuhkan tubuh.

Kemudian manfaat lain dari olahraga saat hujan yakni dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia. Ini karena tubuh harus bekerja lebih keras di udara dingin, dan produksi endorfin. Endorfin ini adalah hormon perasaan baik, jika endorfin semakin meningkat, maka akan membuat pikiran menjadi lebih bahagia.

Namun, meskipun olahraga saat hujan memiliki manfaat, ada baiknya tidak dilakukan sambil hujan-hujanan. Memang tidak ada kaitannya olahraga sambil hujan-hujanan dan paru-paru, tapi kondisi ini bisa membuat tubuh rentan terkena flu.

Sumber: klikdokter.com