Konsumsi Kurma Saat Hamil Bisa Atasi Anemia, Mitos Atau Fakta?

Konsumsi Kurma Saat Hamil Bisa Atasi Anemia, Mitos Atau Fakta?

13 November 2018
Kurma-internet

Kurma-internet

RIAU1.COM - Anemia merupakan salah satu kondisi dimana tubuh kekurangan Hemoglobin (Hb) atau sel darah merah. Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita kepada KlikDokter, ibu hamil yang menderita anemia akan mengalami penurunan sel darah merah dari nilai normal (<10 g/ dL).

Dikutip dari klikdokter.com Selasa (12/11/2018) anemia pada ibu hamil dapat berisiko menyebabkan kelahiran bayi prematur atau berat badan lahir rendah. Selain itu, anemia pada ibu hamil dapat memicu masalah serius lain seperti lemahnya kontraksi yang menyebabkan proses persalinan menjadi sulit dan berisiko.

gugih1

“Agar terhindar dari anemia, ibu hamil harus mendapatkan nutrisi yang adekuat, yaitu memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang cukup. Anjuran nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi adalah zat besi, asam folat dan vitamin B12,” jelas dr. There.

Salah satu sumber nutrisi tersebut adalah buah kurma. Buah ini dipercaya dapat mencegah ibu hamil terkena anemia.

Kurma mengandung kadar serat tinggi, fosfor, kalium, zat besi, mangan, kalsium, belerang dan magnesium. Berbagai zat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan kehamilan. Oleh sebab itu, mengonsumsi kurma memang terbukti sangat baik untuk meningkatkan kadar Hb ibu hamil Dengan cara ini ibu hamil bisa terhindar dari anemia atau kekurangan darah.



Bila dikonsumsi saat hamil, buah kurma juga dapat meringankan kram, menguatkan dinding rahim, menambah asupan energi dan mempersiapkan ibu hamil dalam menghadapi persalinan.

dr. There juga mengatakan “Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kurma merupakan makanan yang dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Saat hamil, Anda dianjurkan untuk makan 2 butir kurma setiap hari untuk menjaga kesehatan diri dan janin" ujarnya.

Sumber: klikdokter.com