Awas! Hindari 5 Kesalahan Ini Sebelum Tidur

Awas! Hindari 5 Kesalahan Ini Sebelum Tidur

8 Desember 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Istirahat merupakan hal terpenting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan. Salah satu caranya yaitu dengan tidur cukup saat malam hari.

Dilansir dari Detikhealth.com ternyata ada beberapa kesalahan yang secara sadar sering kita lakukan sebelum tidur yang membuat tidur menjadi tidak berkualitas.

Berikut kesalahan yang sering dilakukan sebelum tidur yang dirangkum dari berbagai sumber.



1. Jadwal tidur berantakan

Waktu tidur yang ideal untuk usia 17-25 tahun adalah 7-8 jam per hari. Usahakan waktu ini terpenuhi dengan baik setiap harinya agar tubuh tetap fit dan sehat.

2. Bermain Gadget
Satu hal ini mungkin yang paling sering kalian lakukan. Saat belum bisa memejamkan mata, hal yang biasa kamu lakukan menjelang tidur adalah stalking media sosial ataupun chatting dengan teman atau kekasih.

Satu masalah utama di sini adalah paparan cahaya berlebihan dari layar handphone. Terutama cahaya biru yang dapat mengacaukan ritme sirkadian dan membuat mata sulit untuk tertidur.



3. Makan Sebelum Tidur
Waktu terbaik untuk makan malam ialah 3 jam sebelum tidur. Jika kamu langsung tidur setelah makan akan berisiko mengalami masalah mag dan gangguan pencernaan.

Hal ini tentu akan membuat tidur terganggu. Selain itu, hindari juga makanan ringan, makanan berlemak dan makanan pedas menjelang tidur.

4. Tidur Dengan Kaki Kotor
Tidak mencuci kaki memang hal sepele, namun ini menjadi salah satu kesalahan sebelum tidur yang mungkin sering dilakukan.

Mulailah membiasakan diri untuk mencuci kaki sebelum tidur. Sebab meski merasa kaki kamu bersih, kaki tetap memiliki kotoran dan debu yang menempel saat berjalan tanpa alas kaki di sekililing rumah. Tanpa disadari, kotoran akan menempel di tempat tidur dan masuk ke dalam tubuh.

5. Menonton TV
Menonton TV juga sering menjadi alternatif ketika susah tidur, namun sebaiknya setop kebiasaan ini mulai sekarang. Lebih baik kamu menggantinya dengan mendengarkan musik yang slow dan mematikan TV menjelang tidur.

Nah, itu dia kebiasaan-kebiasaan yang salah menjelang tidur. Mulai sekarang, rubah kebiasaan tersebut agar mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas.

Sumber: Detikhealth.com