Apa Saja Sih Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan? Simak Penjelasannya

Apa Saja Sih Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan? Simak Penjelasannya

10 November 2018
Ilustrasi susu kambing-internet

Ilustrasi susu kambing-internet

RIAU1.COM - Selama ini, susu memang dikenal sebagai minuman yang memiliki serangkaian nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu kandungan susu, yaitu kalsium, yang dapat membantu menguatkan jaringan tulang. Selama ini minuman susu kesehatan memang didominasi oleh susu sapi, namun ternyata susu kambing juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja ya? Simak selengkapnya di bawah ini

1. Kandungan protein susu kambing mudah dicerna

Dibandingkan dengan susu sapi, kandungan protein kasein dalam susu kambing diketahui lebih mudah dicerna oleh usus manusia. Selain itu, susu kambing memiliki kandungan laktosa paling rendah dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

2. Menjaga fungsi usus

Selain mudah dicerna usus, susu kambing juga dapat membantu menjaga fungsi usus. Kandungan enzim oligosakarida dalam susu kambing dapat menjaga keseimbangan flora normal di usus. Adanya enzim ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi di dalam usus. Selain itu, susu kambing juga dipercaya bermanfaat dalam terapi penyakit inflammatory bowel disease (IBD) karena dapat mengurangi reaksi peradangan di dalam usus.


3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tidak hanya pada usus, secara luas ternyata susu kambing juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan mineral selenium dalam susu kambing berperan dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai anjuran, maka tubuh Anda akan terlindungi dari berbagai ancaman infeksi dan penyakit.

4. Membantu pembentukan sel darah merah

Adapun beberapa mineral lain dalam susu kambing yang lebih mudah dicerna tubuh, seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. Konsumsi susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengolah zat besi, sehingga berguna dalam pembentukan sel darah merah.

5. Menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida

Selain itu, susu kambing juga mengandung asam lemak linoleat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol darah total dan kadar trigliserida (lemak darah). Ini berarti, kadar kolesterol yang terjaga dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti aterosklerosis (kekakuan pembuluh darah), serangan jantung, stroke, dan masalah lain yang berkaitan dengan pembuluh darah.

Adanya kandungan kalium dalam susu kambing juga bisa menurunkan tekanan darah. Di sisi lain, asam linoleat juga ternyata membawa manfaat untuk perkembangan otak, termasuk menguatkan kemampuan memori.


6. Baik untuk kesehatan kulit

Tak hanya bermanfaat untuk organ-organ dalam tubuh, susu kambing juga dilengkapi nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan trigliserida dan asam lemak di dalamnya juga berkontribusi dalam menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit pun jadi lebih sehat dan tampak lebih cerah.

Selain itu, kandungan vitamin A dalam susu kambing turut berperan serta dalam proses perbaikan sel-sel kulit. Sementara itu, kandungan asam laktat berkontribusi dalam membantu membersihkan sel-sel lama pada kulit. Jadi, jangan heran jika Anda mendapati produk perawatan kecantikan berbahan susu kambing di toko kecantikan, seperti sabun dan masker.

Meskipun belum sepoluler susu sapi, tapi tak ada salahnya untuk mencoba susu kambing karena manfaatnya tak kalah banyak untuk kesehatan tubuh.

Sumber: klikdokter.com