Biji Cabai dan Biji Jambu Sebabkan Usus Buntu, Benarkah?

Biji Cabai dan Biji Jambu Sebabkan Usus Buntu, Benarkah?

14 September 2019
Ilustrasi radang usus buntu

Ilustrasi radang usus buntu

RIAU1.COM - Dalam dunia kesehatan, mungkin pernah terdengar mengenai biji jambu dan biji cabai yang disebut bisa menyebabkan usus buntu. Namun, benarkah hal tersebut?

Sebuah riset yang diterbitkan Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, seperti dilansir Hello Sehat, menyebutkan, jambu dengan biji yang lebih kecil dari cabai atau biji buah lainnya sangat kecil potensinya menyebabkan usus buntu.



Dari hampir 2.000 kasus yang diteliti dalam penelitian tersebut, hanya satu kasus radang usus buntu yang disebabkan oleh biji buah.

Ini artinya, risiko mengalami kasus usus buntu akibat makan jambu biji ataupun biji buah lain hanya sekitar 0.05 persen.

Adapun, sistem pencernaan manusia sudah memiliki enzim pencernaan yang bersifat asam. Enzim inilah yang akan bekerja melumatkan jika ada makanan yang masuk.

Proses pencernaan makanan dimulai sejak seseorang mengunyah makanan. Setelah makanan hancur dan kemudian tertelan, enzim pencernaan akan bekerja menghancurkan.



Namun, penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa menghindari mengonsumsi makanan yang sulit hancur saat dicerna dapat mencegah seseorang terkena peradangan usus.

Peradangan usus bisa terjadi jika ada penumpukan banyak makanan yang tidak hancur dalam usus buntu. Peradangan itulah yang menyebabkan usus buntu. 

Loading...