Konsumsi Makanan Ini Agar Paru-Paru Tetap Sehat Ditengah Kabut Asap

Konsumsi Makanan Ini Agar Paru-Paru Tetap Sehat Ditengah Kabut Asap

14 September 2019
Kabut Asap di pekanbaru. Doc

Kabut Asap di pekanbaru. Doc

RIAU1.COM - Saat musim asap yang terjadi di Riau saat ini, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan. Termasuk menjaga kesehatan paru-paru.

Dilansir dari beberapa sumber, beberapa makanan ini dipercaya bisa jaga kesehatan paru-paru saat udara tidak sehat.

1. Bayam
Bayam diketahui mengandung beta karoten, zeaxanthin, lutein dan klorofil. Semua kandungan tersebut bertanggung jawab meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bayam juga kaya akan magnesium yang berperan sebagai tameng untuk paru-paru dan menghilangkan ketenggangan yang disebabkan oleh kabut asap, juga membantu dalam artikulasi udara di paru-paru.

2. Brokoli
Menambahkan brokoli pada sajian makanan akan sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru kala terjadi pencemaran udara. Brokoli memiliki kandungan ulforaphane, senyawa anti-karsinogenik. Senyawa tersebut membantu kadar karsinogen yang lebih tinggi yang dikenal sebagai benzena melalui usus kita. Selain itu, juga ada Vitamin C yang dapat meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. 100 gram brokoli mengandung 89 gram vitamin C yang lebih banyak dari jeruk.





3. Tomat
Tomat dipercaya kaya akan beta-karoten, vitamin C, dan antioksidan berupa likopen yang berperan mengurangi peradangan saluran napas pada penyakit asma. Antioksidan jenis likopen adalah salah satu senyawa yang bertanggung jawab untuk menjaga Anda untuk tetap sehat.

Selain itu juga bisa menjaga tubuh dari radikal bebas, melindungi tubuh terhadap penyakit pernapasan dan kondisi kesehatan lainnya. Beta-karoten dalam tomat diketahui bisa memperlampat penuaan pada paru-paru.

4. Alpukat
Vitamin E yang terkandung dalam makan superfood ini dipercaya bisa menangkal efek dari beberapa jenis polusi partikulat. Selain itu dengan mengonsumsi buah alpukat juga bisa mengurangi efek polusi udara yang berujung pada kesehatan paru-paru. Untuk itu para peneliti menyarankan untuk menambahkan alpukat ke dalam menu makanan Anda.

5. Minyak Zaitun
Vitamin E juga dapat didapatkan melalui minyak zaitun. Selain vitamin E, minyak zaitun juga mengandung Alpha-tocopherol yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Kemudian ada asal lemak yang berperan mengurangi peradangan.

Minyak zaitun bisa digunakan sebagai dressing untuk sajian salad untuk mendapatkan khasiat yang maksimal. Karena jika dimasak, minyak zaitun bisa terkena paparan panas yang mengubah komposisi kimianya dan menghilangkan sebagian sifat kesehatannya.

6. Kunyit
Kunyit dikenal akan sifat antii inflamasi, yang dikenal dengan senyawa curcumin. Senyawa ini dapat membantu melindungi paru-paru dari efek racun pada udara yang tercemar.

Karena sebagai bumbu dapur, mengkonsumsi kunyit bisa dengan mencampurkannya ke dalam susu hangat yang kemudian diminum secara teratur di malam hari. Atau bisa juga dengan mencampurnya dengan ghee untuk meredakan batuk dan iritasi pada paru-paru akibat polusi.