Ini Masker Yang Disarankan Untuk Melawan Asap Riau

Ini Masker Yang Disarankan Untuk Melawan Asap Riau

13 September 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Darurat asap hingga saat ini masih dialami masyarakat Riau. Bahkan di Kota Pekanbaru, kualitas udara sudah menunjukkan berbahaya.

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk melindungi diri dari bahaya polusi udara yang terjadi saat ini adalah dengan memakai masker. Jenis masker N95 adalah yang paling direkomendasikan oleh ahli.

Mengutip detikhealth.com masker N95 adalah jenis produk yang baik untuk daerah dengan polusi berbahaya seperti yang sedang terjadi di Riau dan sekitarnya.



Angka di belakang itu menunjukkan kemampuan sekian persen menyaring partikel udara. N95 terbukti secara ilmiah mampu menyaring sampai 95 persen partikel polutan yang ada di udara sedangkan masker gratis yang selama ini dibagikan kemampuannya menyaring hanya sekitar 30-50% partikel saja.

"Kalau ditanya 'apakah masker biasa enggak ada gunanya?' Ada gunanya. Lebih baik daripada tidak ada sama sekali karena intinya kan bagaimana mencegah si debu ini terhirup.



N95 ditekankan adalah yang paling baik dan masyarakat dapat menemukannya dijual di apotek. Bila tak mampu maka masker biasa bisa juga dipakai meski perlindungan yang diberikan lebih minim.