Tak Disadari, Ini 5 Kebiasaan Yang Bikin Perutmu Membuncit

Tak Disadari, Ini 5 Kebiasaan Yang Bikin Perutmu Membuncit

8 September 2019
Perut Buncit

Perut Buncit

RIAU1.COM - Perut buncit bukanlah tanda yang baik bagi tubuh. Perit buncit biaa disebabkan oleh bermacam hal, salah satunya akibat tidak mengontrol pola makan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penyebab perut buncit dan seringkali dilakukan tanpa disadari.

1. Makan larut malam

Meskipun secara alami  tubuh membakar beberapa timbunan lemak saat tidur, namun tubuh tidak akan membakar secara efisien jika tubuh tidur pada perut penuh. Selain menyebabkan lemak pada perut, terlambat makan dan berbaring setelah kenyang dapat meningkatkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal itu terjadi karena perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah.



2. Makan Ketika sedih, marah atau kesal

Makan di kala emosi memang tidak masalah jika itu dapat membuatmu merasa lebih baik, namun jika Anda selalu mengandalkan makan setiap kali Anda stres atau marah, janganlah kaget jika timbunan lemak di perut bertambah banyak.



3. Tidak tidur dengan cukup

Idealnya, orang dewasa harus mendapatkan sekitar tujuh hingga sembilan jam waktu tidur setiap malam. Ketika Anda gagal untuk mendapatkan tidur yang cukup, maka tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat dan menyebabkan Anda mengonsumsi makanan tinggi gula. Dengan pikiran yang seperti itu, maka akan lebih sulit untuk menyingkirkan lemak perut ketika Anda manjaga kebiasaan kurang tidur ini.

4. Menggunakan piring besar setiap kali makan

Dalam sebuah survei yang dilakukan antara orang-orang obesitas, ditemukan bahwa mereka lebih memiliki piring yang berukuran paling besar di antara piring kecil dan sedang. Dengan ukuran piring yang besar, mereka memiliki lebih banyak ruang untuk menaruh makanan mereka.

5. Merokok

Merokok dapat membantu mengurangi berat badan, tapi hal itu juga dapat menjadi penyebab perut buncit. Banyak orang yang bertahan dengan merokok karena alasan takut memiliki badan gemuk, nyatanya penelitian telah mengungkapkan bahwa bukannya badan kurus malah perut buncit yang didapat oleh para perokok.

Para ilmuwan dari University of Glasgow menemukan bahwa merokok mungkin berhubungan dengan berat keseluruhan yang lebih rendah, namun hal itu cenderung mendorong lemak menuju daerah inti tubuh, yang mengakibatkan perut menjadi lebih besar