Begini Cara Sehat Minum Kopi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Begini Cara Sehat Minum Kopi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

8 September 2019
Secangkir kopi.

Secangkir kopi.

RIAU1.COM - Udah ngopi beluuuum. Pesan WhatsApp itu sering kita terima dari rekan satu grup. 

Ngopi memang asyik. Banyak cerita dan bisnis selesai di kedai kopi. 

Kopi merupakan tren gaya hidup yang makin banyak diadopsi oleh masyarakat Indonesia, terutama generasi milenial di kota-kota besar.

Namun sayangnya, masih banyak dari kita yang kurang paham cara mengonsumsi kopi yang baik, agar dapat menyerap semua manfaat yang terkandung di dalamnya.

 

Seperti dilansir bisnis.com, Minggu, 8 September 2019, Salah satu kesalahan yang sering dilakukan, kata pakar agribisnis Universitas Diponegoro, Bambang Dwiloka, adalah menambahkan gula ke dalam kopi.

Kandungan gula, khususnya yang berasal dari tebu memiliki indeks glikemik tinggi, yang membuat pembakaran zat untuk perolehan energi begitu cepat.

Sementara itu, zat-zat yang tidak mampu diubah menjadi energi akan tertahan, tersimpan di dalam darah.

"Itu yang nantinya menjadi diabetes. Gula itu menghilangkan manfaat-manfaat yang terkandung dalam kopi. Kopi menjadi tidak bermanfaat, percuma," paparnya dalam acara Kafe BCA On The Road di Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu (7/9/2019).

Loading...

Bambang menyebutkan jika pencinta kopi masih menginginkan perasa, harus memilih jenis gula yang memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah, seperti gula jagung, dan gula biji bunga matahari.

Kopi, lanjutnya, memiliki manfaat anti diabetes. Kopi memiliki sumber senyawa bioaktif yang mampu menghambat penambahan kadar gula berlebihan dalam tubuh. Kopi juga memiliki antioksidan yang menghambat penuaan pada manusia.

Bambang menyampaikan kopi juga menghambat hipertensi. Meski kopi membuat jantung sering berdebar lebih kencang, sebenarnya debaran tersebut terkadang diperlukan bagi jantung agar terbiasa.

 

"Dengan demikian jantung kita sehat. Tinggal nanti kita harus tahu cara membatasi diri saat minum kopi."

Terpenting lagi, kopi juga berperan sebagai antivirus hepatitis B, yang obatnya sangat sulit ditemukan.

R1/Hee