Ini Tanda-Tandanya Jika Tubuh Kekurangan Protein

Ini Tanda-Tandanya Jika Tubuh Kekurangan Protein

23 Agustus 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Protein merupakan komponen penting untuk membangun setiap sel dalam tubuh. Sebab, protein merupakan bahan pembentuk tulang, otot, sistem imun, dan darah. Tanpa asupan protein yang cukup, tubuh tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Dikutip dari detikhealth.com, Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan setiap orang, baik pria maupun wanita untuk mengonsumsi sekitar 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Waktu mengonsumsi protein juga harus diperhatikan.

Berikut beberapa tanda tubuh kekurangan protein:

1. Tulang rapuh

Tulang membutuhkan lebih dari sekadar kalsium, mereka juga membutuhkan protein yang cukup. Konsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu melindungi tulang sehingga tidak mudah patah dan cedera.



2. Kuku rapuh dan rambut rontok

Protein adalah bagian penting dari rambut dan kuku. Jika tubuh kekurangan protein, kuku mungkin terlihat rapuh dan rambut menjadi rontok, kusam, dan bercabang dari waktu ke waktu.

3. Hilangnya otot-otot

Biasanya, jika orang tidak mendapatkan cukup protein, tubuh mereka akan memecah otot untuk mendapatkan lebih banyak protein.

4. Tubuh terasa lemah seiring waktu

Seiring waktu orang-orang yang kurang protein akan merasa lebih lelah dari biasanya. Protein merupakan komponen dari hemoglobin yang ada dalam sel darah merah. Hemoglobin berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kadar oksigen yang terlalu rendah bisa menyebabkan tubuh terasa lemah atau bahkan sesak napas.



5. Mudah terkenal flu

Protein adalah salah satu komponen pembentuk antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan bakteri dan virus.

Jika tubuh tidak memiliki protein yang cukup, sistem kekebalan tubuh akan terganggu dan mungkin lebih sering terkena sakit daripada orang lain.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga asupan protein pada tubuh tercukupi seperti kacang kedelai, telur, susu, dada ayam, keju, udang, kacang almond, dan gandum.

Loading...