//riau1.com/

#gaya-hidup

Penderita Diabetes Haram Makan Wortel, Benarkah?

R1/puri


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Wortel yang mempunyai segudang manfaat terutama untuk menjaga kesehatan mata ini baik dikonsumsi dan aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. Tetapi, karena rasanya yang manis ini penderita diabetes ragu untuk mengonsumsi sayuran satu ini.

Memang diakui wortel memiliki rasa manis, tetapi aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jika kamu mengonsumsi wortel dengan ukuran sedang, hanya akan mendapatkan 4 gram karbohidrat, di mana ini cukup rendah dan aman bagi penderita diabetes.

Tak hanya itu, indeks glikemik pada wortel juga sangat rendah sehingga tidak memicu kenaikan kadar gula darah. Dan dapat disimpulkan, jika sering mengonsumsinya sayur berwarna oranye ini tidak akan memberikan dampak buruk bagi penderita diabetes.



BACA JUGA : Ini Tanda-Tandanya Jika Tubuh Kekurangan Protein



Bukannya wortel, sebenarnya ada beberapa sayuran yang menjadi pantangan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, diantaranya sebagai berikut seperti yang kutip dari Dokter Sehat (28/7/2019).

1. Jagung

Jagung jika dicampur dengan sayuran lainnya maka akan tinggi kandungan kalorinya, sehingga konsumsinya harus dibatasi bagi penderita diabetes.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang diolah dengan garam atau diberi tepung, misalnya kacang telur, kacang atom ini memiliki kandungan kalori tinggi sehingga harus dijauhi oleh penderita diabetes.



BACA JUGA : Jangan Makan Semangka Sebelum Tidur, Ini Akibatnya



3. Ubi jalar

Kandungan karbohidrat dan indeks glikemik pada ubi jalar sangat tinggi dan akan memicu kenaikan kadar gula darah.

4. Kentang

Kandungan karbohidrat pada kentang sangat tinggi sehingga penderita diabetes harus menjauhi kentang sebagai pengganti nasi.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)