//riau1.com/

#gaya-hidup

Bahaya! Jangan Simpan Jas Hujan di Jok Motor

R1/puri


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Bagi pengendara sepeda motor, tentu harus selalu siap siaga apabila tiba-tiba hujan turun saat diperjalanan. Salah satu hal yang dilakukan pengendara agar tidak basah kuyup adalah dengan membawa jas hujan.

Tapi, jangan sekali-kali meletakan jas hujan alias rain coat di balik jok apalagi sampai menutupi tutup tangki bahan bakar. Terlebih tunggangannya tidak memiliki fitur bagasi.

Mengutip gilmotor.com, diungkapkan oleh Instruktur Teknis PT Wahana Makmur Sejati, Mukti Abdulrahman Rain coat atau jas hujan yang diletakan di atas tangki bahan bakar akan membuat sepeda motor mogok.



BACA JUGA : Ini Tanda-Tandanya Jika Tubuh Kekurangan Protein



"Ini karena aliran udara yang masuk melalui tutup tangki tertutup jas hujan sehingga tidak ada sirkulasi udara di dalam tangki. Jadi jangan diletakan di tempat tersebut.” ujarnya.

Masalah terjadi tidak hanya jika tangki bahan bakar tertutup jas hujan, pun jika diletakan di atas filter udara. Sepeda motor akan tersendat-sendat ketika riding bahkan mati. Dengan miskinnya asupan udara efeknya sepeda motor akan tersendat-sendat dan mengeluarkan asap hitam dari knalpot.



BACA JUGA : Jangan Makan Semangka Sebelum Tidur, Ini Akibatnya



Tapi jika sudah terlanjur, tinggal mengeluarkan jas hujannya lalu matikan mesin kemudian hidupkan lagi, sepeda motor kesayangan pun siap digas lagi. Meski asap hitam masih keluar, tapi tenang saja karena itu merupakan sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna dan akan kembali normal. Dengan catatan jas hujan tidak diletakan lagi ditempat terlarang tersebut.

  


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)