Jangan Salah, Ini Anjuran Untuk Memasak Daging Aqiqah

Jangan Salah, Ini Anjuran Untuk Memasak Daging Aqiqah

16 Juli 2019
Daging aqiqah

Daging aqiqah

RIAU1.COM - An Nawawi Asy Syafi'i menyatakan dalam matan Minhajuth Tholibin, "(Daging aqiqah) disunnahkan untuk dimasak (sebelum dibagikan)." Dengan dimasaknya sembelihan aqiqah ini menunjukkan seseorang itu berbuat baik dengan bertambahnya nikmat dari Allah. Hal ini juga menunjukkan akhlaq mulia dan tanda kedermawanan.

Penulis Kifayatul Akhyar -Taqiyuddin Abu Bakr rahimahullah menjelaskan, "Hendaklah hasil sembelihan hewan aqiqah tidak disedekahkan mentahan, namun dalam keadaan sudah dimasak. Inilah yang lebih tepat. Lebih baik lagi jika dihidangkan dengan bumbu manis menurut pendapat yang lebih tepat. 

Mengundang Makan-Makan Aqiqah 

Taqiyuddin Abu Bakr rahimahullah menjelaskan. “Yang lebih afdhol hasil sembelihan aqiqah tersebut yang dikirim kepada orang miskin. IniIah pendapat dari Imam Asy Syafi'i. Namun jika mesti mengundang orang untuk menikmatinya (di rumah), itu juga tidak mengapa."

Jadi, dibolehkan jika seseorang mengundang orang Iain untuk menyantap hasil sembelihan aqiqah dan dinikmati sebagaimana pada walimahan ketika nikah. Ulama yang duduk di Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al 'llmiyyah wal Ifta' pernah ditanya, "Apa hukum peraayaan aqiqah dan mengadakan walimah untuk aqiqah?” 

Para ulama tersebut menjawab, "Yang dimaksud aqiqah adalah sesuatu yang disembelih untuk si anak pada hari ketujuh setelah keiahiran. Sedangkan walimah adalah makanan yang disajikan pada suatu pesta berupa sembelihan atau yang Iainnya. Aqiqah dan walimah adalah dua perkara yang disunnahkan. BerkumpuI-kumpul untuk menikmati makanan semacam ini dan sama-sama bersuka cita serta mengumumkan pernikahan ketika itu adalah suatu hal yang baik.”