//riau1.com/

#gaya-hidup

Awas, Beberapa Penyakit Ini Dapat Diturunkan Sang Ayah Pada Anaknya

R1/puri


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM -Seperti kata pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Sama dengan kesehatan anak yang juga dipengaruhi oleh kedua orang tuanya.

Penyakit keturunan sendiri disebabkan oleh kelainan gen yang diturunkan orang tua ke anak. Gen yang terdapat di kromosom manusia sangat kompleks sehingga faktor penyebab kelainan juga banyak dipengaruhi oleh kombinasi antara genetik dan kehidupan sehari-hari.

Mengutip jitunews.com, menurut Prof. Dr. dr. Wahyuning Ramelan, Sp.And, dari FK Universitas Indonesia (UI), jika pada kromosom X ayah maupun ibu terdapat sebuah gen yang menentukan faktor risiko suatu jenis penyakit, maka anak perempuannya akan berisiko menderita penyakit tersebut.



BACA JUGA : Tiga Anak Gara-gara Kecanduan Main Game di Handphone, Terganggu Jiwanya dan Dirawat di Rumah Sakit Jiwa

Iklan Riau1


Sementara, jika pada kromosom Y ayah terdapat gen yang membawa faktor risiko penyakit atau kelainan, maka anak laki-lakinya akan berisiko mewarisi penyakit tertentu. Berikut beberapa penyakit yang bisa menular ke anak dari ayah.

1. Jantung

Penyakit ini diturunkan melalui kromosom orang tua yang tidak normal. Lebih dari 85 persen kasus penyakit jantung bawaan pada anak disebabkan oleh banyak faktor yang diwariskan.



BACA JUGA : Ini Dia Awal Penggunaan Minyak Gosok Di Tanah Air



2. Kolesterol dan darah tinggi

Penyakit ini ditularkan melalui kromosom X ayah ataupun ibu yang menghambat proses metabolisme lemak. Hal ini berisiko menyumbat pembuluh arteri dan menyebabkan kadar kolesterol di dalam darahnya meningkat.

3. Diabetes

Penyebabnya adalah sejumlah gen pengendali yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Anak penderita diabetes tipe 1 tentunya memiliki ayah yang juga mengidap diabetes tipe 1.


Informasi
Tlp +62 853 8222 8787
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)
Loading...