//riau1.com/

#gaya-hidup

Selain Butuh Perawatan Khusus, Visor Helm Juga Punya Usia Pakai

R1/surya


Ilustrasi helm di motor. Foto: Kumparan.com. Ilustrasi helm di motor. Foto: Kumparan.com.

RIAU1.COM -Belum banyak yang tahu kalau kaca atau visor helm ternyata punya usia pakai. Hanya saja usia pakai yang dimaksud berkaitan dengan pola perawatan penggunanya.

Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan dilansir dari Kumparan.com, Selasa (11/6/2019), menuturkan, bila helm beserta visor-nya selalu rutin dibersihkan, maka usia pakainya bisa lebih lama.

"Balik lagi ke penggunaan, biasanya kalau jorok atau enggak pernah dibersihin, 3 bulan harus ganti, tapi kalau pemakainya apik ya bisa 6 bulan sekali," ucapnya.

Perilaku meletakkan helm di sembarang tempat juga berpotensi merusak kaca helm. Maksudnya, visor jadi banyak baret dan lecetnya sehingga ketika dipakai akan merusak visibilitas.

Apalagi ketika malam hari. Dengan banyaknya baret di kaca, pancaran sinar kendaraan di depan jadi lebih menyebar, sehingga mengganggu visibilitas.



BACA JUGA : Trending di Youtube, Ini Klarifikasi Merry Riana Videonya Jadi Viral

"Karena kan memang kaca itu bisa lecet karena asal naronya kan, bukan saat dipakai. Makanya selain rutin dibersihkan, cara simpannya juga harus bagus," tambahnya.

Adapun usia pakai 6 bulan ini sebenarnya hanya patokan. Sebab meski sudah dirawat dengan baik, kaca helm bisa saja lecet tanpa disadari.

Pada kesempatan terpisah, papar Technical Director NHK Indonesia, Johannes Cokrodiharjo, kaca helm yang baik tidak memiliki nilai optik atau goresan.

"Baret di kaca helm itu membuatnya jadi punya nilai optikal. Bukan cuma ganggu visibilitas, juga bisa ganggu mata," katanya.



BACA JUGA : Ini Bahaya Bubble Tea Bagi Usus Bila Tak Banyak Minum Air Putih

Kendati demikian, jurus terbaik biar kaca helm selalu bening dan terhindar dari kotoran yang membandel, setiap kali digunakan, bersihkan kaca helm.

Apabila kotorannya berupa debu, mudahnya dibersihkan dengan membasuhnya dengan air yang mengalir dan menyekanya dengan lap mikrofiber yang punya serat halus.

Hindari mengelapnya menggunakan tisu, karena material ini terbuat dari serat kayu yang justru membuat visor lecet.

Kemudian bila kotorannya sudah ekstrem berupa debu yang mengering sampai cipratan tanah, sebaiknya basuh dengan air hangat. Lewat air hangat, maka memungkinkan minyak yang tertinggal di visor helm bisa mudah dibersihkan.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)