Awas, Ini Bahaya Mengerikan 'Vacuum Challenge' Yang Sedang Viral di Medsos

Awas, Ini Bahaya Mengerikan 'Vacuum Challenge' Yang Sedang Viral di Medsos

10 Juni 2019
Ilustrasi Vacuum Challenge

Ilustrasi Vacuum Challenge

RIAU1.COM - Setelah sebelumnya pengguna media sosial dihebohkan dengan skip challenge, baru-baru ini, pengguna media sosial facebook dan instagram kembali disuguhkan video tantangan berbahaya yang bernama 'vacuum challenge'.

Dalam video tersebut, orang yang mengikuti challenge itu akan masuk ke dalam trash bag atau kantung plastik hitam besar dan kemudian orang lain menyedot kantung tersebut dengan vacuum cleaner atau penyedot debu hingga membungkus tubuh sangat ketat.



Mengutip detikhealth.com, Senin (10/6/2019) para ahli menegaskan challenge tersebut sangat berbahaya. Tantangan itu dapat menyebabkan hipoksia serebral, yaitu kondisi berkurangnya pasokan oksigen ke otak, meskipun darah masih tetap mengalir.

"Sel-sel otak sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen dan dapat mulai mati dalam waktu lima menit setelah pasokan oksigen terputus," ujar lembaga National Institute of Neurological Disorders and Stroke



Selain vacuum challenge, hipoksia serebral juga bisa terjadi karena olahraga berat seperti tinju, menyelam, sepak bola, dan mendaki gunung. Petugas pemadam kebakaran juga bisa terkena hipoksia serebral karena terpapar asap tebal atau karbon monoksida.


 

Loading...