Gemar 'Makan Besar' Saat Lebaran? Berikut Tips Detoks Tubuh Agar Tetap Sehat

Gemar 'Makan Besar' Saat Lebaran? Berikut Tips Detoks Tubuh Agar Tetap Sehat

6 Juni 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Moment lebaran acapkali menjadi moment yang dinanti nanti oleh setiap umat muslim. Tak heran, untuk merayakan moment kemenangan ini, setiap keluarga akan menyajikan menu makanan andalan mereka untuk disajikan dan disantap oleh sanak saudara dan para tamu yang hadir.

Bahkan tak jarang juga, saat kita berkunjung kerumah sanak saudara selalu disuguhkan beraneka makanan dan membuat kita lupa diri untuk membatasi asupan kalori dan makanan lain.

Tapi tak perlu khawatir, anda bisa melakukan detoksifikasi agar badan tetap bugar dan sehat meskipun telah merayakan kemenangan dengan berbagai makanan. Berikut lima tips detoksifikasi yang dilansir Times Now News, Kamis (6/5/2010).



1. Banyak minum air putih

Perbanyak minum air putih karena hidrasi yang baik akan membantu melancarkan pencernaan. Minum air putih sebelum makan akan meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori lebih banyak.

Selain itu, banyak minum air putih bisa mempercantik dan menyehatkan kulit serta rambut.

2. Kurangi karbo

Kurangi asupan karbohidrat karena kelebihan karbohidrat akan menumpuk di tubuh dan menyebabkan berat badan naik. Makan kalori sejumlah yang dibutuhkan tubuh dan bakar kalori dengan olahraga.

Baca juga: Cara alami atasi wasir, diet serat hingga hindari makanan pedas

3. Kontrol porsi makan

Kurangi interval makan dan kontrol porsi makan. Pakai piring kecil saat makan dan gelas kecil untuk minuman manis.



4. Olahraga kardio

Olahraga kardio memainkan peran yang sangat penting dalam membakar kalori. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, lakukan beberapa bentuk latihan kardio seperti berlari, berenang, lompat tali, dan lainnya.

5. Tidur cukup

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur adalah salah satu penyebab utama obesitas dan menyebabkan obesitas pada anak-anak maupun orang dewasa. Pastikan Anda mendapatkan tidur nyenyak dan tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari.

Loading...