Deretan Aplikasi Android ini Bisa jadi Pilihan Sambil Menunggu Salat Ied

Deretan Aplikasi Android ini Bisa jadi Pilihan Sambil Menunggu Salat Ied

5 Juni 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan 1 Syawal 1440 hijriah jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019. Menyambut Idul Fitri, umay islam dipenjuru tanah air sudah menggelar pawai takbir Selasa 4 Juni 2019 malam.

Merayakan hari kemenangan setelah sebulan berpuasa di bulan suci Ramadhan, umat islam akan berbondong-bondong datang ke masjid dan lapangan terbuka untuk menggemakan takbir dan melaksanakan salat ied.

Pada malam 1 Syawal 1440 Hijriah, sebagian lainnya akan mengisi kegiatan mengaji ayat Alquran, menambah amal baik sebelum Ramadhan resmi berakhir, atau pun melantunkan doa hingga jelang pelaksanaan salat ied esok pagi.

Dilansir CNNIndonesia.com, ada lima aplikasi berbasis Android yang bisa diunduh gratis sebagai bahan referensi untuk lebih khusyuk dalam melantunkan ayat Alquran dan doa jelang Idul Fitri, yakni sebagai berikut:

1. Muslim

Aplikasi Muslim telah mengantongi lebih dari 10 juta pengunduh dengan rating 4,6. Selama Ramadhan, aplikasi ini menyajikan tuntunan doa untuk membantu pengguna lebih khusyuk beribadah.

Beberapa fitur lainnya seperti jadwal salat, waktu berbuka, dan sahur juga turut disediakan aplikasi ini selama bulan Ramadhan.

2. Muslim Go

Mirip dengan Panduan Muslim, Muslim Go juga buatan lokal yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna. Selain menyajikan jadwal salat, aplikasi ini menawarkan pengingat waktu berbuka, sahur, imsak, hingga kumpulan doa harian.

Fitur menarik yang tak ditemui pada aplikasi lain yakni kartu ucapan yang bisa dipakai pengguna saat merayakan hari besar besar Islam. Fitur Islam lain yang dibekali Muslim Go antara lain buku, musik, video, hingga komik.

3. Panduan Muslim

Aplikasi ini merupakan salah satu garapan lokal yang telah mendapat pengakuan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI dan digunakan lebih dari 100 ribu pengguna. 

Selain menyajikan 30 juz Alquran dan terjemahannya, arah kiblat juga waktu salat, aplikasi ini juga dilengkapi dengan ringkasan kisah 25 Nabi, tasbih digital, panduan wudhu bahkan kalkulator zakat.

Tak hanya itu, Panduan Muslim juga dilengkapi dengan siaran radio yang khusus membahas tentang Islam serta kumpulan video kajian Islam yang dapat ditonton secara online maupun offline.

4. Muslim Pro

Aplikasi ini menyajikan 30 juz Alquran lengkap dengan aksara Arab, terjemahannya, dan pelafalan audio yang bisa dibaca usai melaksanakan salat maupun pada waktu senggang.

Muslim Pro dilengkapi petunjuk kiblat, kalender Hijriah, hingga peta restoran halal dan masjid di lokasi terdekat pengguna. Bagi pengguna yang kerap bepergian, fitur kiblat memudahkan untuk menentukan arah salat.

Ketika memasuki waktu salat, pengguna akan menerima notifikasi audio dengan suara azan. Selama bulan Ramadan, aplikasi ini dilengkapi jadwal berbuka puasa, imsak, dan waktu salat sesuai dengan negara dan lokasi pengguna.

5. Umma

Tak jauh berbeda dengan Muslim Pro, aplikasi Umma juga menyajikan 30 juz Alquran, petunjuk waktu salat, serta arah kiblat. Namun aplikasi ini dilengkapi dengan artikel Islami dan sejumlah fitur lainnya.

Umma memiliki fitur menarik yakni 'komunitas' yang dibuat mirip grup obrolan untuk membahas isu-isu tentang Islam.