Selain Kurma, Tiga Jenis Buah Ini Juga Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Selain Kurma, Tiga Jenis Buah Ini Juga Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

18 Mei 2019
Buah semangka

Buah semangka

RIAU1.COM - Saat berpuasa, tubuh kita mengalami beberapa perubahan, salah satunya sistem pencernaan. Untuk itu, saat berbuka puasa, kita disarankan untuk berbuka dengan makanan yang gampang dicerna, salah satu contohnya yaitu buah.

Tetapi, kebanyakan orang Indonesia mengira hanya kurma saja buah yang baik dan cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Padahal selain kurma, ada beberapa buah lain yang tak kalah kaya manfaatnya. Buah apa saja itu?

Dikutip dari halloviva.com, Sabtu (18/5/3019) berikut beberapa buah buahan yang juga tak kalah manfaatnya dari kurma.



1. Semangka

Buah yang satu ini terkenal dengan kandungan airnya yang banyak. Namun, semangka juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Karena kandungan airnya yang banyak, buah ini cocok untuk digunakan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa.

Saat puasa tubuh kita cenderung mengalami dehidrasi karena asupan air yang berkurang selama beraktivitas. Semangka memiliki kandungan air dan elektrolit sebanyak 92% sehingga dapat membantu tubuh mendapatkan kembali cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Semangka juga termasuk jenis buah yang mudah dicerna.

2. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang dikenal memiliki banyak manfaat. Meski kandungan air pada apel tidak sebanyak semangka, tetapi apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh selama puasa.



Saat berpuasa dan tidak makan selama hampir 12 jam, kecenderungan untuk makan berlebih akan menjadi lebih tinggi, apalagi saat berbuka puasa. Kondisi ini tentu tidak baik bagi kesehatan karena bisa meningkatkan risiko kegemukan. Dengan mengonsumsi apel sebelum makan besar, dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebih saat berbuka.

3. Anggur

Buah kecil yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan segar ini bisa membantu menggantikan cairan dan gula yang hilang dalam tubuh selama berpuasa.

Buah anggur juga termasuk salah satu jenis buah yang gampang dicerna karena kandungan air yang tinggi dan mengandung serat, sehingga baik untuk dimakan sebelum mulai makan besar saat berbuka puasa.

Selain itu, anggur juga mempunyai banyak manfaat kesehatan lainnya. Dengan kandungan air dan seratnya, anggur dapat membantu mengatasi sembelit. Potasium dalam anggur berperan dalam mencegah bertambah parahnya tekanan darah tinggi.

Loading...