Jadi Makanan Buka Puasa, Ini Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma

Jadi Makanan Buka Puasa, Ini Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma

11 Mei 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Buah kurma sering disebut juga buah yang identik dengan bulan suci Ramadan, karena bagi masyarakat muslim, memakan kurma merupakan hal sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Melansir dari Liputan6.com, Sabtu (11/5/2019), berikut adalah beberapa manfaat kurma setelah dikonsumsi oleh tubuh.

1. Meredakan Sembelit

Kurma sering disebut sebagai makanan pencahar, dan karena alasan ini, banyak penderita sembelit memakannya. Kurma memiliki kandungan serat larut yang tinggi, dan hal itu sangat penting karena dapat mendorong pergerakan usus yang sehat dan juga melancarkan pergerakan makanan melalui usus. Pada akhirnya, proses ini dapat meringankan gejala sembelit.



2. Membuat Tulang Lebih Kuat

Kurma dapat melawan penyakit yang melemahkan tulang, misalnya osteoporosis. Varietas organiknya mengandung mineral seperti tembaga, selenium, mangan, dan magnesium. Semua mineral ini penting untuk kekuatan dan perkembangan tulangmu. Terutama saat usia bertambah dan tulang mulai melemah.

3. Baik Untuk Beberapa Gangguan Usus Tertentu

Sejalan dengan kandungan nikotin di dalam kurma, maka kurma dianggap baik bagi beberapa jenis gangguan usus. Jika kamu memakan kurma secara teratur, maka mereka sebenarnya dapat menghambat pertumbuhan organisme yang bersifat patologis.

Hal ini dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri "baik" di dalam usus. Selain itu, kurma juga mengandung serat yang dapat larut dan tidak dapat larut, serta asam amino dalam jumlah banyak yang dapat merangsang pencernaan makanan dan membuat makanan menjadi lebih efisien.



4. Membantu Menambah Berat Badan

Secara keseluruhan, kurma mengambil bagian yang cukup besar dalam menu diet sehat. Itu karena, kurma terdiri dari protein, gula, dan banyak vitamin esensial.

Jika kamu mengonsumsinya dengan pasta mentimun, berat badanmu akan terjaga pada tingkat yang aman dan seimbang. Salah satu yang dikhususkan adalah kurma medjool, dan karena dalam satu kilogram kurma mengandung hampir 3.000 kalori, maka ini akan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian bagi tubuhmu. Selain itu, kurma juga dapat membantumu menambah berat badan, jika kamu menginginkannya.

5. Membuat Jantung Lebih Sehat

Kurma adalah buah yang dapat menyehatkan jantung. Ketika kurma direndam selama semalaman, dihancurkan pagi harinya, dan segera dikonsumsi, kurma diketahui memiliki efek positif pada jantung yang lemah.

6. Meringankan Efek Keracunan

Jika tubuh terlalu banyak minum alkohol, kurma dapat membantu membuatmu sadar dengan lebih cepat dan membuatmu merasa lebih baik.

Sekali lagi, merendam kurma semalaman dan mengonsumsinya sebagai makanan pertama di pagi hari dapat memberikan dampak yang bagus. Jika sedang mengalami mabuk berat, metode ini dapat digunakan untuk membantumu merasa lebih baik.

Loading...