Ini Daftar Makanan Yang Menyebabkan Bau Mulut Saat Puasa, Nomor 3 Tak Disangka

Ini Daftar Makanan Yang Menyebabkan Bau Mulut Saat Puasa, Nomor 3 Tak Disangka

29 April 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Menjelang bulan puasa, berbagai bayangan resep dan daftar makanan yang ingin disantap saat sahur atau berbuka tentu sudah berlari-lari riang dikepala.

Nah, supaya berjalan lancar, sebaiknya pilih-pilihlah jenis makanan yang anda konsumsi dan usahakan untuk menghindari mengonsumi deretan makanan di bawah ini agar tidak bau mulut saat berpuasa.

1. Daging merah
Makan daging memang enak dan mengenyangkan, tetapi daging cukup sulit dicerna sehingga prosesnya memakan waktu yang lama oleh tubuh. Daging kemudian akan mengendap dan membusuk sehingga mengeluarkan gas yang berbau kurang sedap lewat mulut.

2. Bawang putih, bombai, dan daun bawang
Ketiganya menghasilkan senyawa sulfoksida sistein saat dimakan. Senyawa sulfat itu memberikan rasa dan bau yang berbeda dan mirip dengan senyawa yang diproduksi oleh bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut.



3. Susu dan turunannya
Bukan hanya akibat pertemuan protein dan cairan asam, bau mulut sehabis minum susu juga disebabkan karena bakteri alami yang ada pada lidah memakan asam amino di dalam susu.

4. Telur
Meski telur kaya akan protein, tetapi ketika bertemu dengan cairan asam yang ada di saluran pencernaan, maka keduanya akan mengeluarkan reaksi bau yang kurang sedap dan keluar lewat mulut saat sedang bicara.



5. Kopi
Kopi seringkali jadi pilihan berbuka para pecintanya. Padahal kopi justru mengandung kafein yang membuat mulut jadi kering dan berbau. Ditambah di dalam kopi juga mengandungan sulfur yang semakin memperparah bau mulut.

Itulah beberapa deretan makanan yang dapat menyebabkan bau mulut saat berpuasa seperti dilansir dari womantalk.com.

Jadi kalau ingin lancar dan tidak bau mulut saat puasa, sebaiknya hindari mengonsumsi kelima makanan di atas saat sedang sahur dan berbuka.

Loading...