Jangan Terlalu Sering Makan Kulit Ayam Goreng, Ini Bahayanya

Jangan Terlalu Sering Makan Kulit Ayam Goreng, Ini Bahayanya

21 Maret 2019
Kulit ayam

Kulit ayam

RIAU1.COM - Simpan yang terbaik untuk saat-saat terakhir. Prinsip ini kerap diaplikasikan saat bersantap. Apa yang dianggap paling enak, tanpa sadar akan disantap terakhir. 

Mungkin ini juga berlaku untuk kulit ayam, terlebih kulit ayam goreng. Bahkan pertengkaran sepasang kekasih bisa muncul akibat bagian ayam yang terlihat sepele ini. 

Ada yang menyebut tak masalah jika orang menyantap kulit ayam. Namun ada pula efek samping alias masalah yang muncul gara-gara kulit ayam apalagi jika disantap berlebihan. Melansir laman jitunews.com, 18 Maret 2019, berikut informasinya.

1. Meningkatkan kadar kolesterol 

Kulit ayam mengandung kolesterol total sebanyak 132 miligram per 100 gram sajian. Sedangkan lemak total sebanyak 43,99 gram. Seberapa banyak lemak dan kolesterol yang masuk ke tubuh tergantung dari bagian ayam yang disantap. 

Kadar kolesterol pada ayam termasuk kulitnya akan makin tinggi saat ayam digoreng apalagi dengan tepung. Konsumsi terlalu banyak kulit ayam membawa dampak buruk untuk kesehatan. Tubuh dibayangi risiko penyakit jantung dan stroke. 

2. Risiko gangguan pencernaan 

Melansir dari Steem It, konsumsi kulit ayam bisa berisiko mendatangkan masalah pencernaan. Kulit ayam bisa saja mengandung bakteri campylobacter jejuni. Infeksi bakteri ini bisa menimbulkan penyakit Campylobacteriosis. 

Loading...

Efeknya, orang akan mengalamidiare, kram, sakit perut dan demam selama 2-5 hari. Kulit ayam yang tidak bersih juga bisa mengandung bakteri Salmonella penyebab tifus. 

3. Tinggi kalori 

Konsumsi ayam plus kulitnya bisa menambah asupan kalori tubuh. Terlebih jika ayam diolah dengan cara digoreng tepung. Proses ini membuat semakin banyak minyak masuk ke dalam ayam. 

Dikutip dari Fit Day, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) melaporkan satu cangkir dada ayam masak tanpa kulit mengandung 231 kalori. Sedangkan dada ayam masak dengan kulit mengandung 276 kalori. 

Untuk lemak, kulit ayam mengandung 3 gram lemak jenuh dalam 1 ons sajian (28,3 gram). American Heart Association menyarankan konsumsi lemak jenuh 5 atau 6 persen dalam diet total harian. Jika total kalori harian sebanyak 2000 kalori, maka total lemak jenuh yang disarankan sebanyak 13 gram.