Stroke Bisa Sembuh Asal Lakukan Ini

Stroke Bisa Sembuh Asal Lakukan Ini

12 Maret 2019
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Orang yang mengalami stroke secara tiba-tiba, bisa saja Iangsung disembuhkan asal segera ditangani dan tidak lebih dari 4,5 jam. Jika lebih, maka penyakit itu agak sulit disembuhkan. 

"Pendapat stroke nggak bisa sembuh harus diluruskan. Secara umum 1/3 pasien stroke bisa kembali pulih tanpa cacat,1/3 lainnya sembuh dengan cacat, dan sisanya tidak tertangani misal meninggal. Peluang ini ada asal pasien bisa segera mendapat terapi sesuai kebutuhannya," kata Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) dr Musyid Bustami SpS (K), KIC, MARS dilansir dari laman detikHealth, 4 Maret 2019.

Disebutkan sebanyak 80 persen pasien stroke disebabkan adanya sumbatan (iskemik), sedangkan sisanya karena pendarahan (hemoragik). Dan stroke ini bisa saja disembuhkan apabila ditangani tidak lebih dari 4,5 jam saat pertama kali terkena stroke. Hal ini juga bisa disebut dengan Golden Periode. 

la juga mengatakan penyakit ini juga tak butuh teknologi yang terlalu canggih untuk menanganinya. 

Loading...

Musyid mengatakan sarana yang diperlukan itu adalah CT Scan untuk mengetahui penyebab stroke, obat untuk pasien misal penghancur sumbatan dalam pembuluh darah, serta dokter ahli saraf dan kompetensi pendukung Iainnya. Musyid pun yakin setiap rumah sakit di Indonesia sudah bisa menangani penyakit ini. 

"Rumah sakit tersebut umumnya punya neurolog dan CT Scan jadi bisa membentuk unit penangana stroke. Dengan unit ini, masyarakat tak perlu mengakses rumah sakit tipe A sehingga golden periode bisa terpenuhi," kata Musyid.