Begini Jawaban Jika Ada yang Titip Salam Kepada Kita

Begini Jawaban Jika Ada yang Titip Salam Kepada Kita

18 Februari 2019
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Ustaz Abdullah Taslim dalam kajiannya menerangkan, titip salam, biasanya dilakukan dari orang yang tidak bisa ketemu dengan kenalan yang dia cintai. Untuk meunjukkan rasa cinta itu, dia titip salam kepada orang lain yang bisa menemuinya. 

Kejadian titip salam semacam ini telah dilakukan di zaman Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Diantaranya, malaikat Jibril, titip salam melalui Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk Aisyah Radhiyallahu 'anha. Karena Aisyah tidak melihat Jibril. Dan ini menunjukkan bagaimana penghormatan yang diberikan Jibril kepada Aisyah. 

Aisyah menceritakan, 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan, "Wahai Aisyah, ini Jibril, beliau menyampaikan salam untukmu.” Aku jawab, 'Wa alaihis Salam wa Rahmatullah.’ Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat apa yang tidak saya Iihat. (HR. Bukhari 3217, Muslim 6457 dan yang Iainnya). 

Hal ini pernah dilakukan oleh lbnu Abbas . Beliau pernah diundang untuk mendatangi walimah, namun tidak bisa hadir karena sibuk menangani masalah pengairan. Beliau berpesan kepada yang Iain, 

Datangi undangan saudara kalian, dan sampaikan salamku untuknya. Sampaikan juga, saya sedang sibuk. (HR. Abdurrazaq dalam al-Mushannaf 19664, Baihaqi dalam aI-Kubro14317,dan sanadnya dishahihkan oleh lbnu Hajar). 

Demikian pula yang dilakukan Khalid bin Walid Radhiyallahu 'anhu. Beliau pernah mengutus lbnu Wabarah aI-Kalbi untuk menemui Umar di Madinah. Diapun menemuinya, dan ketika itu ada Utsman, Abdurrahman bin Auf, Ali, Thalhah, dan Zubair binn Awam. Mereka bersandar di masjid. Abu Wabarah mengatakan, 

Khalid bin Walid menyuruhku untuk menemui anda, dan beliau menyampaikan salam kepada anda. (HR. Ad-Daruquthni 3366). Demikian seperti dilansir Instagram @penegaktauhid, 17 Februari 2019.