Nikmati Kopi Dengan Cara Ini Agar Terhindari Dari Asam Lambung

Nikmati Kopi Dengan Cara Ini Agar Terhindari Dari Asam Lambung

21 Januari 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Ada sebagian orang yang menyebutkan bahwa kopi dingin atau es kopi bisa menjadi solusi bagi mereka yang tetap ingin menikmati kopi namun tidak ingin terkena masalah asam lambung. Sebenarnya, apakah memang trik ini bisa membuat kopi lebih aman bagi lambung? 

Dilansir dari doktersehat, 18 Januari 2019, pakar kesehatan dr. Annisa Maloveny, SpPD menyebutkan bahwa kopi dingin atau es kopi memang bisa menjadi solusi bagi penderita masalah asam lambung untuk minum kopi. 

Saat didinginkan, kandungan di dalam kopi yang bisa merangsang produksi asam lambung berkurang dengan signifikan sehingga akan jauh lebih aman untuk diminum oleh siapa saja. 

”Asam yang ada di dalam kopi dingin jumlahnya jauh lebih rendah dibandingkan dengan kopi panas. Hal ini berpengaruh besar pada kemampuan kita untuk menikmati kopi dengan lebih baik," ungkap dr. Annisa. 

Tanpa kita sadari, menyeduh kopi dengan air panas bisa membuat asam dari biji kopi keluar dengan lebih banyak dan lebih pekat. Jika kita menambahkan es batu, maka konsentrat kopi akan cenderung Iebih encer sehingga kopi pun akan menjadi Iebih ramah bagi penderita asam Iambung. 

Meskipun begitu, dr. Annisa juga meminta kita untuk tidak sembarangan saat minum kopi, termasuk kopi dingin. Pastikan untuk tidak mengonsumsinya saat perut masih berada dalam kondisi kosong seperti saat kita baru bangun tidur karena bisa menyebabkan kenaikan produksi asam Iambung dengan signifikan. 

Dr. Annisa menyarankan kita untuk mengonsumsinya sekitar satu atau dua jam setelah makan sehingga tidak akan memicu gangguan pencernaan sekaligus menjaga produksi asam Iambung tetap normal.