Awas, Ini Masalah Akan Kamu Alami Saat Kecanduan Bermain Game di Smartphone

Awas, Ini Masalah Akan Kamu Alami Saat Kecanduan Bermain Game di Smartphone

20 Januari 2019
Bermain Game di Smartphone

Bermain Game di Smartphone

RIAU1.COM - Bermain game di smartphone memang terasa menyenangkan. Bahkan tidak sedikit yang menjadi kecanduan karena game tersebut. Tapi, apapun yang disebut dengan kecanduan, tentunya tidak baik, bukan?

Ya seperti kecanduan bermain game di smartphone, ternyata bisa menyebabkan beberapa cedera yang cukup berbahaya di tubuh kita. Mengutip bobo.id inilah 5 cedera yang wajib diwaspadai jika bermain game terlalu sering di smartphone.

 1. Gangguan Tulang Belakang

Kebiasaan menunduk dan sering melihat layar smartphone, bisa menjadi hal yang buruk bagi kepala dan leher. Kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan saraf neuralgia oksipital.

Ini adalah penyakit yang dipicu oleh gangguan pada saraf oksipital. Saraf ini berada di sekitar saraf tulang belakang, dari pangkal leher sampai kepala. Terlalu sering atau lama menundukkan kepala, akan membuat kepala kita menjadi beban bagi leher.

Lebih dari itu, saat seseorang menundukkan kepala hingga 60 derajat, leher akan terbebani hingga 27 kilogram. Nah, hal inilah yang akan membuat tekanan pada tulang belakang leher dan bahu.



 2. Kram pada otot bahu

Ketika kita melihat layar smartphon, maka  bahu, leher, dan dada akan tertunduk, lalu posisinya agak membungkuk. Posisi bahu yang tertunduk ini, bisa meyebabkan dada tertekan dan kita akan kesulitan dalam bernapas.

Semakin postur leher dan dada menunduk, maka semakin besar pula beban pada otot bahu. Selain membuat otot menjadi tegang, posisi ini juga akan menyulitkan untuk bernapas.

 3. Cedera otot leher

Ketika kita bermain game di smartphone, kepala kita cenderung menunduk untuk mendekatkan mata ke layar ponsel. Hal ini akan membuat leher jadi sedikit melengkung dan membungkuk.

Dampak neck pain atau kram otot leher bisa dipastikan akan menyerang orang-orang yang terlalu sering bermain game di smartphone. Neck pain ini ditandai dengan rasa nyeri di leher, leher menjadi kaku, pegal, bahkan menjadi mati rasa.Saat seseorang menundukkan kepala hingga 60 derajat, leher akan terbebani hingga 27 kilogram.

Hal ini akan membuat tekanan pada tulang belakang leher dan bahu. Kalau ini dilakukan secara terus-menerus dan sering, hati-hati, bisa timbul cedera pada leher.

 4. Peradangan Mata

Menatap layar smartphone ketika bermain game terlalu lama bisa menyebabkan mata kering. Ini bisa memicu terjadinya peradangan dan infeksi terhadap mata.
Kebiasaan ini jugalah yang mengganggu penglihatan kita, bahkan berisiko rabun mata.



 5. Pinggang

Sebenarnya, banyak posisi tubuh yang bisa kita lakukan ketika bermain game di smartphone. Entah itu duduk ataupun berdiri.

Jika kita melakukan satu posisi terlalu lama tanpa ada gerakan, maka ini akan membuat otot pinggang menjadi tertekan, yang menyebabkan otot pinggang tersebut akan merasa kaku dan keram. Apabila ini dibiarkan, maka akan terjadi cedera pada otot pinggang.

Nah, itulah beberapa cedera pada tubuh yang bisa kita alami jika terlalu sering bermain game di smartphone. Agar tidak terjadi pada kita, batasi waktu bermain game-nya, ya!