Ini Dampak Keseringan Chatting Bagi Kesehatan

Ini Dampak Keseringan Chatting Bagi Kesehatan

20 Januari 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Diera teknologi seperti saat ini, orang lebih senang melakukan chatting menggunakan smartphone untuk berkomunikasi. Memang, tidak ada yang salah dengan chatting. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, chatting bisa berdampak pada kesehatan. Salah satunya membuat beberapa anggota tubuh kita cedera.

Dikutip dari bobo.id, berikut, beberapa anggota tubuh yang bisa mengalami cedera karena melakukan chatting secara berlebihan.

1. Jempol

Saat chatting, kita pasti lebih banyak menggunakan jempol. Jari yang lain biasanya digunakan untuk memegang ponsel. Jempol adalah bagian tubuh yang tidak bisa bergerak dengan cepat. Tak hanya itu, jempol juga termasuk anggota tubuh yang agak kaku untuk dibengkokan.



Saat mengetik, jempol kita akan dibengkokan dan digerakkan dengan cepat. Hal itu bisa membuat jempol cedera, sehingga jempol jadi bengkak dan kaku. Supaya jempol tidak cedera, coba gunakan jari lain untuk mengetik. Kalau tidak mungkin, beri jempol waktu untuk istirahat dari mengetik.

2. Leher, Punggung, dan Bahu

Saat chatting, kepala kita akan menunduk ke bawah, tepatnya ke arah ponsel. Jika hal ini dilakukan dalam waktu lama, leher dan punggung kita akan cedera.

Saat cedera, otot di sekitar leher, punggung, dan bagian atas bahu biasanya jadi kaku. Cedera ini akan semakin parah, kalau kita tidak mengubah kebiasaan buruk ini. Supaya kita tidak cedera, sejajarkan ponsel dengan kepala kita saat digunakan.Dengan begitu, kita tidak perlu menunduk saat menggunakan ponsel.



3. Siku

Saat memegang ponsel, siku kita akan menekuk. Siku yang tertekuk dalam waktu lama bisa mengalami cedera. Cedera ini disebabkan oleh syaraf yang terjepit.

Saat siku cedera, kita akan merasa kesemutan dan rasa panas di bagian punggung tangan, jari manis, dan jari kelingking. Untuk menghindari cedera ini, jangan pegang ponsel terus-menerus.

Jika sedang di kendaraan umum atau di jalan, simpan ponsel di tas. Dengan begitu, tangan kita bisa rileks selama beberapa saat.

Loading...