Beberapa Bagian Tubuh Ini Paling Tidak Berguna Pada Manusia, Kenapa ya?

Beberapa Bagian Tubuh Ini Paling Tidak Berguna Pada Manusia, Kenapa ya?

20 Januari 2019
Usus Buntu/ilustrasi

Usus Buntu/ilustrasi

RIAU1.COM - Setiap bagian tubuh manusia memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing yang sangat penting bagi kehidupan kita sehari hari. Namun pernahkah terbayang bahwa ada ternyata ada beberapa organ tubuh dalam diri Anda yang benar-benar tidak berguna ?

Dilansir dari bobo.id berikut ini adalah organ tubuh manusia yang paling tidak berguna

1. Usus buntu

Banyak orang yang terkena penyakit usus buntu dan terpaksa harus menjalani operasi untuk mengangkat usus buntu.Dunia kedokteran masih tidak mengetahui apa fungsi usus buntu yang ada di tubuh kita.

Ternyata di masa lalu, usus buntu kemungkinan bisa membantu orang mencerna tanaman yang kaya kandungan selulosa. Hal ini masih terlihat pada hewan-hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang yang masih mengandalkan usus buntu untuk mencerna makanan.

Sedangkan saat manusia mulai beralih ke pola makan yang lebih beragam dan banyak mengonsumsi daging, manusia tidak lagi membutuhkan saluran usus yang sangat panjang dan rumit ini.



Meskipun saat ini usus buntu sudah tidak lagi diperlukan, ternyata usus buntu pada manusia berguna untuk menyimpan beberapa bakteri usus yang berguna, lo.

2. Otot palmaris longus

Coba kuncupkan tangan anda, dan perhatikan apakah ada otot yang menonjol di sekitar pergelangan tangan. Nah, otot yang menonjol di pergelangan tangan inilah yang disebut sebagai palmaris longus.

Saat ini, sekitar 10 persen populasi manusia di dunia tidak lagi memiliki otot ini. Padahal dulu otot ini sangat berguna. Palmaris longus adalah sisa otot yang dulu membantu nenek moyang manusia untuk memanjat pohon dan mencengkram.

Tapi semenjak manusia bisa berjalan dengan tegak sekitar 3,2 juta tahun yang lalu, otot ini tidak lagi berguna. Buktinya, saat ini kekuatan genggaman seseorang tetap sama, meskipun ada yang mempunyai otot ini atau tidak.

3. Gigi bungsu

Gigi bungsu adalah gigi geraham terakhir yang tumbuh di bagian paling belakang adalah salah satu contoh terbesar bagian tubuh yang sudah kehilangan fungsi awalnya.
Berubahnya fungsi gigi bungsu pada manusia ini disebabkan oleh pola makan yang juga berubah.



Gigi geraham adalah gigi yang berfungsi untuk melumat atau mengunyah, sedangkan karena saat ini makanan manusia modern sudah lebih lunak, maka gigi geraham paling belakang sudah tidak lagi dibutuhkan.

Meskipun tidak lagi dibutuhkan, ada orang yang tumbuh gigi bungsu di bagian belakang rahangnya, tapi ada juga yang tidak. Tidak tumbuhnya gigi bungsu pada beberapa orang ini menyebabkan rahang manusia menjadi lebih kecil dibandingkan rahang nenek moyang.

4. Tulang ekor

Dan sebagaimana jika kita mempercayai teori evolusi Darwin, maka nenek moyang kita pada awalnya juga memiliki ekor nyata. Di sinilah terlihat kegunaan dari Coccyx atau tulang ekor yang menjadi dasar pertumbuhan ekor tersebut. Ekor di mamalia memang mempunyai tugas untuk membantu keseimbangan dan pergerakan, namun pada manusia fungsi tersebut telah hilang.

Selain dari banyaknya orang yang mengatakan bahwa tulang ekor adalah salah satu bagian tubuh yang tidak berguna di manusia, beberapa lainnya mengatakan ia memiliki beberapa peran yang masih signifikan. Seperti contohnya pada saat kita duduk dengan posisi badan agak maju maka tumpuan keseimbangan akan lebih banyak terjadi di tulang ekor ini.