Benarkah Berenang Efektif Redakan Flu? Berikut Penjelasannya

Benarkah Berenang Efektif Redakan Flu? Berikut Penjelasannya

19 Januari 2019
Benarkah Berenang Efektif Redakan Flu? Berikut Penjelasannya

Benarkah Berenang Efektif Redakan Flu? Berikut Penjelasannya

RIAU1.COM - Berenang mungkin menjadi olahraga favorit bagi sebagian orang. Selain terasa asyik, berenang juga membawa beragam manfaat bagi kesehatan khususnya bila dilakukan dengan cara yang tepat secara rutin dan teratur.

Bahkan, sebagian orang juga percaya bahwa berenang juga bisa bantu mengusir flu. Padahal, berenang membuat seseorang terpapar dengan air yang dingin. Bagi penderita flu, hal itu tentu menjadi sesuatu yang dihindari. Sebab air dingin bisa membuat gejala demam, batuk, atau hidung tersumbat pada penderita flu semakin parah.

Dilansir dari Klikdokter, beberapa peneliti menyebut bahwa berenang dapat membantu membuka saluran udara yang tersumbat karena Anda seperti “dipaksa” untuk melakukan napas dalam. Bagi orang yang menderita alergi, berenang bahkan dapat membantu membersihkan serbuk sari dan debu.



Namun disisi lain, ada pula pakar kesehatan yang menganggap bahwa berenang saat flu justru akan membuat kondisi kesehatan semakin memburuk.

Berenang saat flu hanya akan membuat penderita semakin sulit bernapas, apalagi jika tidak sengaja kemasukan air. Lebih dari itu, saluran pernapasan pun berpotensi mengalami iritasi karena air yang mengandung klorin. Jika dilakukan di kolam renang luar ruangan (outdoor), berenang juga berpotensi memperparah gejala batuk serta hidung tersumbat pada penderita flu.

Dari dua temuan di atas, manfaat yang dirasakan penderita flu yang berenang sebenarnya kurang sepadan dengan segala risiko yang mungkin terjadi. Jadi, daripada berenang, akan lebih baik bila penderita flu melakukan olahraga yoga.



Ini karena jenis olahraga relaksasi tersebut membuat tubuh melepas hormon kortisol (hormon stres) dengan lebih optimal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga infeksi dari virus flu bisa dihentikan. Tak cuma itu, peregangan lembut pada yoga pun dapat membantu meredakan nyeri yang berkaitan dengan pilek berat ataupun sinusitis.

Nah, dari penjelasan di atas, fakta bahwa berenang bagi penderita flu seperti pisau bermata dua. Sebagian penderita mungkin akan baik-baik saja dan merasakan manfaat dari olahraga air tersebut. Sementara penderita lainnya justru akan mengalami perburukan kondisi dan memperlambat proses penyembuhan, apalagi jika kolam renang yang dipilih berada di luar ruangan (outdoor) dan airnya sangat dingin. Bila ditambah dengan cuaca yang dingin, bukannya menyehatkan, itu cuma menjadi serangan ganda yang semakin menurunkan sistem kekebalan tubuh penderita flu.

Loading...