Akan Berbeda Arti, Jangan Pernah Persingkat Ucapan Salam Dalam Tulisan

Akan Berbeda Arti, Jangan Pernah Persingkat Ucapan Salam Dalam Tulisan

18 Januari 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Hendaklah jika kita memberi salam (terutama melalui sms, email, surat, beri komen), janganlah ucapan salam tersebut kita ringkas menjadi "Ass atau Ass.wr.wb." atau yang Iainnya 

Bentuk semacam ini bukanlah salam. Salam seharusnya tidak disingkat. Seharusnya jika ingin mengirimkan pesan singkat, maka hendaklah kita tulis "Assalamu'alaikum atau Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."

Itu Iebih baik daripada jika kita tulis Ass., tulisan yang terakhir ini tidak ada maknanya dan bukanlah salam.

Melansir Instagram @selangkahpadamu, 16 Januari 2019, salam adalah bentuk do’a yang sangat bagus dan baik, kenapa kita harus menyingkat-nyingkat. Kenapa tidak kita tulis lengkap, bukankah itu Iebih baik dan Iebih utama.

Janganlah kita dikepung dengan sikap malas ketika ingin berbuat baik, ubahlah sikap semacam ini dengan menulis salam Iebih lengkap.

Mengucapkan salam merupakan sebab terwujudnya kesatuan hati dan rasa cinta di antara sesama muslim sebagaimana kenyataan yang kita temukan 

Huquq Da’at llaihal Fithroh, 46 

Dalil yang menunjukkan hal ini adalah sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam 

"Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai."

"Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian." HR. Muslim no. 54.