Jangan Anggap Remeh, Mata Panda Ternyata Bisa Jadi Tanda Penyakit

Jangan Anggap Remeh, Mata Panda Ternyata Bisa Jadi Tanda Penyakit

16 Januari 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Lingkaran hitam di bawah mata atau yang sering disebut dengan mata panda, memang sering dianggap sesuatu yang mengganggu penampilan seseorang.  Namun, sebagian orang menganggap hal tersebut sebagai hal yang biasa akibat dari kurangnya jam tidur atau istirahat pada mata. Tapi jangan terkecoh jika tidak segera diatasi, mata panda ternyata bisa berdampak serius pada kesehatan.

Mengutip Idntimes.com, berikut beberapa indikasi penyakit berbahaya dari mata panda.

1. Gejala Anemia
Anemia biasanya ditandai dengan gejala sakit kepala. Kekurangan kadar Hb bisa menyebabkan mata menghitam karena aliran darah yang tidak lancar di dalam tubuh sehingga juga berdampak dibawah mata yang terdiri dari bagian kulit yang sangat tipis.




2. Dehidrasi
Meski gejala dehdrasi ditandai dengan rasa haus, kamu juga perlu waspada jika kantong hitam dibawah mata semakin parah. Kekurangan cairan otomatis akan membuat area mata sangat sensitf dan mudah menghitam.

3. Kurangnya asupan gizi
JIka kantong matamu bertahan hingga berbulan-bulan meski sudah cukup tidur, itu menandakan bahwa tubuhmu kekruangan aasupan gizi yang cukup. Mata panda bisa menjadi pertanda kekurangan vitamin C, vitamin A, Vitamin, E dan Vitamin K. Kandungan vitamin tersebut mampu meng-hidrasi area sekitar mata lebih baik.



4. Alergi
Area tips di sekitar mata rentan akan iritasi. Apalagi jika kamu memiliki tubuh yang sensitif terhadap kondisi sekitar. Lingkaran mata yang menghitam bisa jadi indikasi alergi yang menahun. Bisa karena polusi maupun makanan yang menimbulkan reaksi pada tubuh.

5. Hepatitis
Tak selalu menandakan penyakit yang kasat mata, mata panda juga bisa menjadi adanya gangguan dalam organ tubuh. Bisa jadi fungsi kerja hati tak lagi berfungsi secara optimal. Selain tekstur mata yang menguning, area bawah mata juga terkenda dampaknya dengan muculnya area yang menghitam.