Bukan Micin, Ternyaya 5 Makanan lni yang Bisa Bikin Kamu Bodoh

Bukan Micin, Ternyaya 5 Makanan lni yang Bisa Bikin Kamu Bodoh

15 Januari 2019
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Makanan menjadi sumber nutrisi dan gizi yang berpengaruh pada tingkat kecerdasan seseorang 

Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi karena bisa mengurangi kecerdasan seseorang. 

Berikut adalah daftarnya, sebagaimana dilansir dari id.theasianparent.com, 20 Oktober 2018.

1. Makanan yang mengandung banyak gula 

Selain menjadi pemicu rusaknya gigi, kandungan fruktosa yang berlebih dapat mempengaruhi kemampuan insulin untuk menggunakan gula dalam memproses pikiran dan perasaan. Jadi, ketika kebanyakan makan makanan manis, insulin tidak mampu mengolah gula yang masuk sehingga kinerja otak menjadi lambat.

2. Fast food atau makanan cepat saji 

Makanan cepat saji atau junk food banyak digemari oleh kalangan dewasa bahkan anak-anak. Padahal tidak ada nilai gizi yang dibutuhkan tubuh. Bila kamu sering makan junk food yang mengandung banyak pengawet dan garam berlebih, maka kebutuhan gizimu tidak terpenuhi dengan baik sehingga otak lambat untuk berkembang.

3. Makanan instan 

Makanan instan seperti mie seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang tak sempat untuk memasak. Meski terlihat menggoda, makanan instan ternyata tidak memiliki manfaat bagi tubuh karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Bahan kimia yang menumpuk dalam tubuh dapat meningkatkan gejala demensia (kemunduran fungsi otak).

4. Teh dan kopi 

Kasus ini sangat berpengaruh kepada anak kecil, karena kopi dan teh mengandung kafein yang bisa menyebabkan insomnia dan juga dapat menghambat otak anak dalam menyerap zat besi yang diperlukan untuk mengirim oksigen ke otak sehingga perkembangan otaknya terganggu.

5. Soda dan minuman kemasan 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Southern of California menemukan hubungan antara soda dan kemampuan fungsi otak. Orang yang mengonsumsi soda akan terganggu otaknya dalam mengingat dan memproses informasi saat dewasa.